Pembiayaan Perdagangan Bisnis Ekspor Impor

Pembiayaan Perdagangan Bisnis Ekspor ImporPembiayaan Perdagangan untuk bisnis ekspor impor merupakan hal penting dalam rangka mengatur seluruh biaya untuk operasional perusahaan. Pembiayaan perdagangan ini juga bisa diartikan sama dengan kredit modal kerja. Selain itu, pembiayaan perdagangan juga bisa dimaksudkan dengan sebuah kredit investasi jangka panjang. Penting untuk semua perusahaan untuk melakukan perencanaan pembiayaan perdagangan dengan metode-metode yang berguna untuk memajukan dan mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik.

Pengertian Pembiayaan Perdagangan

Pembiayaan atau kredit adalah dalam arti sempit, pembiayaan dipakai untuk mendefinisikan pendanaan yang dilakukan oleh lembaga pembiayaan seperti bank kepada nasabah untuk keperluan perluasan dan pengembangan usahanya. Pembiayaan secara luas berarti financing atau pembelanjaan yaitu pendanaan yang dikeluarkan untuk mendukung investasi yang telah direncanakan, baik dilakukan sendiri maupun dikerjakan oleh orang lain. Nah, untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan perdagangan sebuah perusahaan biasanya perusahaan tersebut akan berkerja sama dengan beberapa lembaga keuangan. Tidak hanya itu, pembiayaan perdagangan ini juga dapat didapatkan dengan mencari beberapa investor baik perusahaan atau personal yang mampu memberikan investasi berupa dana segar untuk membiayai semua operasional perusahaan. Lembaga pemerintahan juga bisa menjadi solusi untuk perusahaan mendapatkan bantuan operasional berupa pembiayaan perdagangan.

Manfaat Pembiayaan Perdagangan

Keberadaan bank sebagai lembaga yang menjalankan pembiayaan berdasarkan prinsip pembiayaan bukan hanya untuk mencari keuntungan dan meramaikan bisnis perbankan di Indonesia, tetapi juga untuk menciptakan lingkungan bisnis yang aman, diantaranya :

  • Memberikan pembiayaan dengan prinsip syariah yang menerapkan sistem bagi hasil yang tidak memberatkan debitur.
  • Membantu kaum dhuafa yang tidak tersentuh oleh bank konvensional karena tidak mampu memenuhi syarat pembiayaan perdagangan yang ditetapkan oleh bank konvensional.
  • Membantu masyarakat ekonomi lemah yang selalu dipermainkan oleh rentenir dengan membantu melalui pendanaan untuk usaha yang dilakukan.

Demikian artikel yang membahas tentang fungsi metode pembiayaan perdagangan, semoga dapat membantu dalam memperluas pengetahuan Anda. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s