Cara Memilih Paket Internet Cepat

Paket Internet CepatPaket Internet Cepat sekarang banyak diambil sebagian orang untuk mendapatkan akses internet dengan koneksi cepat dan tidak terganggu dengan daerah tempat tinggal. Paket Internet Cepat juga merupakan kebutuhan utama, karena banyak orang yang mengupdate informasi dari berbagai bidang dengan menggunakan media online (internet). Media internet sekarang menajdi salah satu media komuditas yang sagat bagus untuk mendatangkan sebuah keuntungan. Paket internet cepat, tidak hanya untuk internet dengan dektop atau notebook, tetapi orang lebih banyak memilih untuk menggunakan internet dengan cara mobile dengan handphone. Karena itu juga, sekarang banyak bermunculan smartphone dengan harga dan tampilan yang menarik minat pembeli. Bahkan smartphone tersebut di lengkapi kartu yang dapat langsung terhubung dengan internet dengan mudah.

Banyak provider internet yang menawarkan paket internet cepat dengan tarif yang di sesuaikan dengan kemmapuan seseorang, misal hanya dengan biaya Rp 50.000 maka akan mendapat paket internet cepat dengan status unlimited. Perusahaan provider baik dari provider internet sampai mobile provider menerapkan waktu yang dapat dipilih untuk mengakses internet, misal dengan waktu mingguan, bulanan, sampai dengan pra bayar dengan biaya tertentu.

Ada cara yang harus diperhatikan sebelum memilih paket internet cepat, diantara nya :

  1. Harga. Harga paket internet cepat sangat bervariasi dari berbagai macam operator yang tersedia. Permasalahan biaya tentunya bergantung terhadap jenis paket yang Anda pilih. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga mempunyai tarif yang berbeda pula. Carilah harga termurah dahulu untuk tahap ini, namun sesuaikan juga dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu tahapan ini yang menjadi perhatian anda pertama kali ketika anda memilih paket internet.
  2. Jaringan. Setelah mendapat harga termurah, perhatikan jaringan dari paket internet unlimited tersebut. Jaringan yang dimaksud disini ialah GSM atau CDMA. Sesuaikan dengan perangkat android yang anda pakai sehingga tidak perlu membeli perangkat baru.
  3. Jangkauan Sinyal. Jangkauan sinyal menjadi salah satu faktor terpenting ketika kita memilih paket internet. Jangan hanya karena harga murah, lalu kita kesampingkan jangkauan signal sehingga koneksi internet tidak dapat dimanfaatkan secara optimal dimanapun dan kapanpun. Ketersediaan sinyal juga cukup penting, terlebih bagi anda yang sering bepergian. Terlebih jika tidak semua kota di ter-cover jaringan signal yang memadai dari operator.
  4. Kecepatan. Kecepatan paket internet unlimited sangat beragam, tergantung operator yang anda pakai. Kecepatan akses internet untuk transfer data merupakan pertimbangan yang ke empat yang perlu anda perhatikan. Sesuaikan dengan lokasi anda karena meskipun telah mendukung kecepatan tinggi, EVDO ataupun HSDPA, kecepatan tersebut tidak akan dapat anda nikmati jika sinyalnya tidak tersedia di lingkungan sekitar anda, dan anda akan sia-sia membayar mahal jika tidak support signal pada area anda.
  5. Batasan Quota. Batasan quota juga merupakan hal yang menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih paket internet cepat dengan kecepatan akses internet yang bagus, karena banyak provicer internet memberikan berbagai promosi yang terkadang menjebak dengan menggunakan strategi pada batasan quota. Tiap paket internet unlimited dari operator memiliki batasan kuota masing-masing, ada yang 200 MB, 500 MB, 1 GB, hingga 2 GB per bulan. Pilihlah paket dengan harga murah namun memiliki batasan kuota tertinggi karena jika kuota habis, kecepatan internet anda akan turun drastis bahkan beberapa diantaranya anda harus membayar dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada operator.
  6. Pemakai. Banyaknya pemakai dari paket internet unlimited akan sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet dari paket itu sendiri. Layaknya kue yang dibagai dua orang dengan sepuluh orang, tentu bandwidth paket internet di lingkungan anda akan tersedot jika banyak yang memakai. Ini umumnya terjadi pada masa promosi. Walaupun telah menggunakan QOS (batasan), namun terkadang jika terlalu banyak pemakai maka akan terasa sangat lambat dikarenakan overload.
  7. Kebutuhan. Pertimbangan terakhir adalah faktor kebutuhan. Perhatikan kebutuhan internet anda sehari-hari. Hal ini penting, karena terdapat beberapa jenis paket internet murah yang saat ini tersedia di pasaran. Oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan anda sehari-hari, sebagai contoh ketika anda gunakan internet untuk jalur data yang cukup besar, maka disarankan memilih paket unlimited, namun jika hanya untuk sekedar chat maka anda dapat memilih paket yang lebih murah atau kecil dibawahnya.
  8. Referensi. Jika ada yang pernah menggunakan salah satu provider internet, maka tanyalah pendapatnya jika anda ingin memilih paket internet cepat tersebut. Atau anda bisa bertanya pada forum-forum yang membahas tentang paket internet cepat, di sana anda bisa meminta pendapat ke pengguna forum tentang beberapa provider internet.

Demikian tips singkat untuk memilih paket internet cepat, semoga membantu. hr

One thought on “Cara Memilih Paket Internet Cepat

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s