Berita Finansial : Ekonomi Tahun 2013 bertemakan “Sale Dollar”

Berita FinansialBerita Financial – Pada tahun 2013 mendatang, diperkiraan akan terjadi pelemahan dollar AS terhadap mayoritas mata uang dari negara lainnya, termasuk Indonesia salah satunya. Menurut pakar ekonom OCBC NISP Gundy Cahyadi dalam acara Outlook Ekonomi 2013 di Jakarta, Kamis (22/11/2012) baru-baru ini. Menurut pakar ekonomi tersebut, hal ini terjadi karena disebabkan adanya percetakan mata uang secara besar-besaran yang dilakukan The Fed. Beliau juga menambahkan tujuan pencetakan uang secara masal yang dilakukan oleh Fed ini, memiliki tujuan yang memang khusus untuk Indonesia dalam prgram emerging market. “Kalau Fed terus cetak uang, maka tema yang mendominasi market 2013 adalah sale dolar,” katanya.

Menurut pandangan beliau sebagai pakar ekonomi, beberapa mata uang yang melemah terhadap dollar AS akan dialami oleh mata uang Yen dan Euro.Pelemahan Japanese Yen ini terjadi karena Jepang baru mulai keluar dari krisis dan akan melakukan pemilihan Perdana Menteri pada Desember 2012. “Saya melihat Jepang akan lebih pro untuk mencetak Japanese Yen yang akan membuat Yen melemah,” tuturnya.

Euro juga akan melemah terhadap dolar AS, mengingat krisis ekonomi yang masih mendera negara tersebut.Gundy melihat pencetakan uang besar-besaran yang dilakukan Fed menyebabkan terjadinya risk appetite (besaran risiko yang dapat diterima atau ditoleransi) yang sangat tinggi di market. “Ini juga salah satu yang menyebabkan peningkatan IHSG di bursa saham Indonesia,” ucapnya.

Demikian berita finansialĀ tahun 2013 menyangkut ekonomi tahun khusus mata uang. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. hr

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s