Tips Perawatan Mobil Tua

Perawatan MobilPerawatan Mobil sangat dilakukan secara rutin untuk semua jenis mobil, baik mobil tua dan mobil produksi baru. Apalagi sekarang dunia otomotif sedang berkembang pesat dengan banyak produksi mobil-mobil baru dengan berbagai merk dan jenisnya. Perawatan Mobil ini dilakukan untuk merawat mesin mobil yang merupakan elemen penting dalam kendaraan roda empat ini. Tidak hanya untuk mobil baru, mobil tua pun harus dilakukan perawatannya secara berkala dan rutin agar dapat dipakai terus walaupun mobil tersebut sudah berumur.

Merawat mobil tua tidak ada bedanya dengan perawatan untuk mobil-mobil produksi baru. Titik penting dalam perawatan mobil ini adalah mesin mobil, dan biasanya bodi mobil juga menjadi hal penting dalam proses perawatan. Perawatan bodi mobil ini, biasanya lebih diutamakan, karena bodi mobil lebih terlihat dan bisa mencerminkan karakter si pemilik mobil tersebut. Sebaiknya perawatan mobil tu ini dilakukan secara benar dan teratur, seperti service ringan bulanan ke bengkel mobil untuk sekedar cek kondisi mesin mobil dan performanya.

Jika mengerti tentang mesin mobil, perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah karena sangat mudah dalam prosesnya seperti mengganti oli mesin dan panasi mesin mobil setip hari. Untuk tahapan dalam proses perawatan mobil tua, di antaranya sebagai berikut :

  1. Cek Kondisi Ban. Ban adalah salah satu alat keselamatan dalam perjalanan. Jika sering melakukan perjalanan jauh, sebaiknya cek ban harus dilakukan secara berkala dan rutin, karena jika badan tersebut tipis maka akan sangat berbahaya untuk keselamatan pengemudi. Usahakan ganti ban mobil secara teratur, dan jangan lupa cek tekanan/angin ban mobil tersebut. Tekanan angin ban merupakan salah satu faktor penting keselamatan, jadi setidaknya 1 bulan sekali harus anda periksa.
  2. Periksa Mesin Mobil. Untuk merawat mesin mobil, usahakan untuk ganti oli dan cairan mesin secara teratur misalkan 1 bulan sekali. Untuk oli, pakailah oli yang telah direkomendasikan oleh bengkel resmi atau montir mobil. Ganti juga sabuk mesin (belt) setiap penggunaan sejauh 25 ribu mil, hal ini sangat penting karena sabuk mesin adalah bagian yang pertama kali menghadapi kondisi ekstrem di luar ruangan.
  3. Cek Elektrikal Mobil. Bagian elektrikal mobil ini juga penting dalam proses perawatan mobil tua ini. Sebelum mengecek bagian elektrikal mobil ini, sebaiknya lepas baterai dan putuskan aliran aki terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya konsleting. Baca petunjuk pada buku panduan anda sebelum memutuskan untuk mengganti atau memperbaiki sendiri, pemasangan yang salah akan menimbulkan kerusakan pada elektrikal mobil anda.
  4. Gunakan Bahan Bakar Yang Berkualitas. Untuk mendukung kampanye untuk menggunakan bahan bakar yang tidak bersubsidi, maka sebaiknya memilih bahan bakar yang non subsidi seperti pertamax, dll. Kandungan bahan bakar tersebut sangat bagus untuk menjaga kualitas dan performa mesin mobil sekaligus merawat mesin mobil tetap bersih tidak gampanng bocor karena karat yang terkandung dalam bahan bakar premium. Usahakan juga melakukan pengisian yang teratur, karena dapat mencegah terjadinya keropos pada tangki bahan bakar anda.

Demikian artikel tips merawat mobil tua, semoga dapat memberi manfaat. hr

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s