Cara Sehat Meningkatkan ASI

Meningkatkan ASIMeningkatkan ASI merupakan hal yang harus dilakukan oleh seorang Ibu agar dapat memberikan asi exclisive pada bayinya. ASI di artikan sebagai Air Susu Ibu, banyak ibu menyusui yang menjadi cemas bayi mereka tidak mendapatkan ASI yang cukup dan khawatir pasokan air susu mereka rendah. Seperti diketahui, banyak atau tidaknya pasokan susu sangat tergantung dari seberapa sering ibu memberikan ASI ke bayi mereka. Semakin sering menyusui, maka jumlah ASI akan semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Namun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet memiliki pengaruh terhadap produksi ASI, seperti dikutip blog Eka ariyanti adalah sebagai berikut ini:

Makan Makanan Sehat
Seorang wanita hamil harus makan lebih banyak ketimbang wanita normal untuk mendapatkan energi yang cukup untuk produksi ASI. Wanita yang menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori ekstra setiap hari. Ibu hamil juga harus mengonsumsi berbagai macam jenis makanan, selain juga suplemen vitamin, untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi mereka. Ibu hamil harus mendapatkan setidaknya tiga protein dan lima porsi kalsium setiap hari, dan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan utama antara lain sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah-buahan segar, ikan kaya lemak omega tiga dan produk susu rendah lemak.

Cairan
Selain mengonsumsi berbagai makanan yang sehat, wanita yang sedang menyusui harus minum banyak cairan. Selain air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari jus buah murni (tanpa gula) dan susu rendah lemak untuk membantu meningkatkan pasokan ASI. Ibu menyusui harus mendapatkan minimal 8 gelas cairan setiap hari, sebaiknya tanpa kafein. Anda juga dapat mencoba teh herbal yang dirancang untuk menstimulasi produksi ASI.

Makanan khusus
Meski kebanyakan wanita menghasilkan ASI cukup untuk bayi sekalipun gizi mereka tidak baik, namun pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas ASI mereka. Hal ini tentu akan memengaruhi asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda. Ada beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan pasokan ASI. Termasuk di antaranya, oatmeal, bawang putih dan jahe. Jika pasokan ASI Anda rendah, cobalah menyantap oatmeal untuk sarapan setiap hari, dan menambahkan lebih sedikit rempah-rempah ke dalam makanan Anda. Untuk makanan khusus ini, yaitu banyak konsumsi sayur daun katuk karena dengan banyak konsumsi daun katuk ASI akan banyak dan kualitasnya bagus untuk pertumbuhan bayi.

Suplemen
Selain makanan, ada beberapa suplemen diet yang dipasarkan untuk ibu menyusui, yang diklaim dapat meningkatkan suplai ASI. Meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang menguji tentang efektivitas suplemen tersebut, namun banyak ibu menyusui yang melaporkan keberhasilan pengunaan suplemen herbal tersebut. Para ahli dari Newman Breastfeeding Clinic and Institute merekomendasikan kapsul fenugreek. Herbal lain yang direkomendasikan untuk meningkatkan suplai ASI adalah daun raspberry dan alfalfa. Namun sebelum menggunakan suplemen herbal saat menyusui, pastikan berkonsultasi dahulu dengan dokter atau dokter anak Anda.

Demikian tips meningkatkan ASI untuk para Ibu, semoga dapat berguna. hr

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s