Usaha Mencegah Nyeri Sendi

Nyeri SendiNyeri sendi merupakan sebuah penyakit yang mengganggu syaraf sendi sehingga mengakibatkan sakit yang luar biasa. Penyakit nyeri sendi ini biasanya akan terasa pada bagian tubuh seperti lutut, siku, bahu, leher, atau pinggul. Nyeri sendi ini juga biasa dirasakan oleh penderitanya sekitar umur 30 tahun, dimana pada umur tersebut sendi-sendi pada bagian tubuh sudah pada menurun sesuai dengan usia pasien penderita nyeri sendi. Nyeri sendi ini biasanya banyak diidap oleh pekerja kantoran yang setiap hari hanya duduk dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Menurut survey yang dilakukan di negara Inggris menyebutkan bahwa lebih dari 1/4 dari pekerja 1.600 karyawan yang berusia antara 16-65 kerap merasakan nyeri sendi dalam 2 tahun terakhir. Para ahli medis mengutarakan bahwa meningkatnya jumlah orang yang mengalami kegemukan dan banyak diantaranya menyebutkan faktor duduk yang lama bahkan seharian itu menjadikan faktor utama penyebab sakit nyeri sendi. Pola hidup yang hanya diam atau tidak aktif, bahkan jarang olahraga juga merupakan salah satu sebab penyakit nyeri sendi ini.

Nah, untuk itu ada beberapa cara atau usaha yang dapat mencegah penyakit nyeri sendi dengan menerapkan pola hidup sehat. Cara ini bisa juga diterapkan untuk mencegah segala macam jenis penyakit dan tentunya sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cara sehat mengobati nyeri sendi sekaligus mencegahnya sebagai tindakan yang harus dilakukan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Pilihlah Jenis Makanan. Dalam mencegah penyakit nyeri sendi ini, memilih jenis makanan merupakan hal penting. Selain mencegah nyeri sendi, memilih jenis makanan terutama makanan yang sehat bisa membantu membuat tubuh Anda cenderung kuat untuk melawan penyakit yang akan masuk kedalam tubuh. Ada jenis makanan untuk mencegah nyeri sendi ini anatara lain seperti ikan salmon, buah berrie, sayuran, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan jus jeruk.
  • Atur Pola Makan. Setelah memilih jenis makanan, langkah selanjutnya adalah mengatur pola dan waktu makan. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang memberikan anjuran “makanlah sebelum lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang”. Dengan panduan tersebut, makanan yang masuk pastinya tidak akan melebihi kapasitas perut sehingga tidak menyebabkan kegemukan. Dan itu akan menjauhkan Anda dari penyakit nyeri sendi.
  • Rajin Olahraga. Olahraga dilakukan untuk membakar lemak dan menjadikan makanan yang masuk menjadi energi untuk dapat melakukan aktifitas sehari-hari. Sesuai dengan pernyataan diatas, jika nyeri sendi diakibatkan malasnya seseorang untuk bergerak bahkan olahraga maka olahraga dengan rutin akan mencegah Anda dari penyakit nyeri tersebut. Apalagi sekarang banyak perkantoran yang mengadakan senam pagi setiap hari jumat bahkan ada yang setiap hari secara rutin. Untuk itu, Anda disarankan untuk memanfaatkan moment ini untuk bergerak dan olahraga agar badan Anda lebih sehat dan segar tentunya.
  • Istirahat Yang Cukup. Istirahat itu perlu karena untuk menghilangkan stress dalam menyelesaikan pekerjaan setiap hari ini. Istirahat juga merupakan faktor dan usaha dalam mencegah penyakit nyeri sendi, karena dengan istirahat dapat memebuat Anda lebih rileks.
  • Banyak Minum Air Putih. Usaha dalam mencegah nyeri sendi ini adalah rutin dalam minum air putih. Caranya adalah pagi hari ketika baru bangun tidur minumlah 1.5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas.

Demikian sedikit usaha mencegah nyeri sendi, semoga bermanfaat. hr

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s