Apakah Data Center Itu ?

Data CenterBanyak perusahaan dari berbagai jenis bidang bisnisnya menggunakan sistem data center yang berfungsi sebagai wadah peyimpanan. Biasanya data center ini digunakan oleh perusahaan yang sedang berkembang dan membutuhkan sistem penyimpanan sekaligus tempatnya untuk dapat menyimpan seluruh data tentang perusahaan yang bersifat rahasia dan pribadi, khusus nya data center indonesia. Mengapa demikian ? Karena data center ini digunakan untuk menunjang jalannya operasional sebuah perusahaan khususnya dalam bidang IT yang rumit dan kompleks. Makin berkembangnya sebuah perusahaan, makin besar juga data yang harus disimpan. Alat penyimpanan data perusahaan ini memakai sebuah alat yaitu server dan sistemnya di sebut server data center.

Data center merupakan sebuah sistem yang di rancang untuk menyimpan seluruh data yang dijadikan sebagai pusat kegiatan sekaligus juga merupakan sistem pembantu cadangan dalam sebuah sistem perangkat dunia informasi teknologi atau yang lebih dikenal dengan internet. Biasanya ruang data center sebuah perusahaan itu memakai 1 ruangan yang semua terisi server-server yang menyimpan seluruh data perusahaan. Selain itu ruangan server data center tersebut di buat dengan menggunakan desain tertentu dan ditempatkan dalam 1 gedung bersama perusahaannya tersebut. Ini dibuat demikian, karena jika ada kendala atau masalah yang berkaitan dengan data perusahaan dengan sistem data center para teknisi cepat dan langsung memperbaikinya.

Mengingat resiko yang dihadapi data center, perusahaan-perusahaan bermodal besar atau yang memiliki cabang luas biasanya tidak mau mengambil resiko sekaligus direpotkan oleh penanganan rutin data center. Banyak dari mereka kemudian menyewa layanan data center dimana perusahaan-perusahaan jasa ini menyediakan server data center. Untuk mereka yang berbisnis di bidang perdagangan elektronik atau e-commerce, layanan data center di bidang internet bermanfaat agar para pebisnis ini dapat menyusun data-datanya dengan lebih teratur, aman dan tidak merepotkan dalam hal manajemen serta pemeliharaan. Asalkan layanan yang disewa memiliki standar internasional serta kapasitas server yang besar sekaligus cepat diakses, layanan data center tentu sangat bermanfaat bagi perusahaan dan bisnis berskala besar.

Demikian sedikit tentang pemahaman untuk lebih mengenal data center, semoga dapat bermanfaat. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s