Lebih Dekat Dengan Panti Asuhan

Panti AsuhanPanti Asuhan adalah rumah tempat merawat dan memelihara anak-anak yatim dan yatim piatu. Untuk Anak yatim ialah seorang yang anak yang tidak memiliki seorang bapak, sedangkan yatim piatu mempunyai pengertian seorang anak yang tidak mempunyai ayah dan bapak atau dengan istilah lain sebatang kara dan tidak ada yang mengasuh dan mendidiknya. Di dalam panti asuhan, baik anak yatim maupun yatim piatu di rawat diberikan pendidikan baik agama dan formal sebagai bekal untuk hidup yang lebih baik.

Biasanya sebuah panti asuhan memiliki sebuah yayasan yang mengatur semua operasional kegiatan panti asuhan. Operasional ini dimaksudkan mengatur semua pengeluaran dan pemasukkan dana yang berasal donatur tetap. Di dalam semua agama mengajarkan untuk setiap manusia untuk bisa berbagi dengan sesama termasuk juga dengan anak-anak panti asuhan yang memng benar-benar membutuhkan bantuan untuk dapat hidup yang layak. Banyak firman dari ayat kitab suci yang mengajarkan dan menyarankan bahkan tegas menyuruh untuk setiap manusia berbagi dengan sesamanya.

Untuk agama islam, merawat dan membahagiakan anak panti asuhan baik yatim maupun yatim piatu adalah hal yang sangat wajib dan harus dilakukan bagi setiap umat muslim yang kaya dalam urusan materi. Banyak firman Allah SWT yang memberikan perintah untuk merawat dan membahagiakan anak yatim piatu diantara nya :

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, …,” (Q.S. An Nisaa’, 4:36).

“…Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: “Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang mengadakan perbaikan….”. (Q.S. Al Baqarah, 2:220).

Untuk umat kristen juga, ada ayat dalam kitab Injil yang memerintahkan untuk dapat selalu berbagi dengan anak yatim setiap saat. Ayat tersebut adalah :

Luk 7:13
Belas kasihan Yesus terhadap janda ini menunjukkan bahwa Allah merasa kasih dan kepedulian yang khusus bagi para janda atau siapapun yang sebatang kara di dunia ini. Alkitab mengajarkan hal-hal berikut:
1) Allah adalah Bapa bagi anak yatim dan pelindung bagi para janda (Mazm 68:6). Mereka berada dalam pemeliharaan dan perlindungan-Nya yang khusus (Kel 22:22-23; Ul 10:18; Mazm 146:9; Ams 15:25).
2) Dengan memakai persepuluhan dan kelimpahan umat-Nya, Allah memelihara anak-anak yatim dan para janda (Ul 14:28-29; 24:19-21; Ul 26:12-13).
3) Ia memberkati orang yang menolong dan menghormati mereka (Yes 1:17,19; Yer 7:6-7; 22:3-4).
4) Ia melawan mereka yang mengambil keuntungan dari atau merugikan para janda dan anak yatim (Kel 22:22-24; Ul 24:17; 27:19; Ayub 24:3; Mazm 94:6,16; Za 7:10).
5) Para janda adalah penerima kasih dan belas kasihan Allah yang lembut (ayat Luk 7:11-17; 18:2-8; 21:2-4; Mr 12:42-43).
6) Gereja mula-mula mengutamakan pemeliharaan para janda (Kis 6:1-6).
7) Satu segi dari ibadah yang murni adalah mengurus para yatim dan janda dalam kesusahan mereka (Yak 1:27; bd. 1Tim 5:3-8).

Dalam sebuah panti asuhan ditekakan kepada pembentukan mental dan perilaku hidup agar dapat bersosialisasi dengan kehidupan luar yang cenderung keras. Pembentukan mental anak panti asuhan, dilakukan dengan dengan memesukkan ke dalam sekolah formal di mana dalam sekolah tersebut anak-anak panti asuhan dapat menimba ilmu pengetahuan yang digunakan untuk membekali anak yatim piatu untuk dapat mencari penghidupan yang lain kedepannya. Bukan ilmu pengetahuan saja yang diberikan oleh pengurus panti asuhan, ilmu agama juga diberikan agar anak yatim tersebut dapat memahami ajaran agama dan dapat memparaktekkan dalam kehidupan sehari.

Demikian artikel untuk dapat lebih dekat dengan panti asuhan, semoga ini dapat mengetuk hati untuk dapat selalau dapat berbagi dengan sesama terutama berbagai dengan anak-anak panti asuhan. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s