Semua Hal Tentang Investasi

InvestasiSemua hal tentang investasi harus dipahami seseorang sebelum memutuskan untuk berinvestasi jenis apa. Hal tentang investasi ini mulai dari pengertian investasi, manfaat investasi, jenis investasi, resiko investasi. Semau hal di atas ini harus Anda pahami sehingga dalam prosesnya atau investasi berlangsung ini akan membawa dampak yang bagus untuk diri Anda dan selruh keluarga kelak. Pemahaman akan hal di atas juga merupakan sebuah tindakan di mana jika dalam berjalannya proses investasi dan mengalami masalah, Anda dapat mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus segera dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang mengganggu proses investasi tersebut.

Apa seh Definisi Investasi ?

Menurut beberapa para pakar ekonomi dan para ahli keuangan dunia seperti Jack Clark Francis dalam salah satu bukunya yaitu Investment: Analysis and Management, 5th edition, McGraw-Hill Inc., Singapore, 1991, Hal. 1 menyebutkan definisi investasi adalah sebuah penanaman modal yang dilakukan dengan mempunyai tujuan yang mampu menghasilkan tambahan keuangan Anda pada masa yang akan datang. Lain halnya dengan pengertian yang di berikan oleh ahli Frank Reilly, bahwa investasi adalah komitmen satu dollar dalam satu periode tertentu, akan mampu memenuhi kebutuhan investor di masa yang akan datang dengan faktor yag mendukung seperti waktu dana tersebut akan digunakan, tingkat inflasi yang terjadi, ketidakpastian kondisi ekonomi di masa yang akan datang.

Jenis Investasi

Investasi yang merupakan suatu tindakan yang menyangkut tentang masalah ekonomi mempunyai jenis investasi yang dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu

  • Investasi dalam bentuk aset riil (real assets), yaitu sebuah investasi dalam bentuk aktiva berwujud fisik, seperti emas, batu mulia dan sebagainya.
  • Investasi dalam bentuk surat berharga/sekuritas (marketable securities financial assets), yaitu investasi dalam bentuk surat-surat berharga yang pada dasarnya merupakan klaim atas aktiva riil yang diawasi oleh suatu lembaga/perorangan tertentu.

Resiko Investasi

Dalam sebuah investasi pasti akan ada halangan dan rintangan di dalamnya atau biasa di sebut resiko. Jenis-jenis resiko investasi yang umumnya dihadapi perusahaan dalam melakukan sebuah investasi yaitu:

  1. Business Risk (Resiko Bisnis). Adalah bervariasinya penjualan perusahaan dan kemampuan untuk menjual produk tersebut. Hal tersebut dihubungkan dengan laporan keuangan dan dikaitkan dengan perubahan selera konsumen dan perubahan kondisi makro ekonomi.
  2. Financial Risk (Resiko Finansial). Dikaitkan dengan pendapatan dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi resiko bisnis dan struktur finansial perusahaan dan dihubungkan dengan financial leverage perusahaan.
  3. Inflation Risk/Purchasing Power Risk (Resiko Inflasi/Penurunan Daya beli). Dikaitkan dengan kemungkinan tingkat pengembalian investasi tidak dapat mengimbangi peningkatan biaya hidup.
  4. Interest Rate Risk (Resiko Suku Bunga). Dikaitkan dengan perusahaan akibat kerugian nilai portofolio akibat perubahan suku bunga.
  5. Social Risk (Resiko Sosial)Dikaitkan dengan kondisi sosial yang terjadi dalam masyarakat yang akan mempengaruhi kebijakan pada suatu perusahaan.
  6. Foreign Exchange Risk (Resiko Nilai Tukar). Dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya kerugian akibat perubahan secara relatif nilai mata uang dunia. Resiko nilai tukar akan mengurangi return dari investasi.
  7. Political Risk (Resiko Situasi Politik). Dikaitkan dengan kemungkinan pemerintah luar negeri ikut campur dalam kegiatan perusahaan maupun kondisi dalam negeri yang tidak kondusif bagi dunia usaha.

Demikian semua hal tentang investasi, semoga dapat bermanfaat. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s