Kesalahan Dalam Belanja Online

Belanja OnlineBelanja online merupakan konsep belanja yang sekarang banyak orang pakai untuk mendapatkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan dalam berbelanja. Konsep belanja online ini biasanya dilengkapi dengan katalog belanja atau shopping card yang membantu para konsumen dalam mengetahui barang-barang apa saja yang sedang dipromosikan dengan diskon harga yang murah. Shopping card ini biasa dikenal dengan kantung belanja yang diibaratkan, para konsumen dapat mengumpulkan semua barang belanjaannya dalam 1 kantung belanja saja. Nah, untuk shopping card merupakan istilah dalam belanja online atau online shopping yang memudahkan seorang konsumen dapat membeli berbagai macam produk hanya dengan 1 transaksi saja.

Nah, secara sistem belanja online merupakan cara yang simpel untuk seseorang dalam berbelanja. Kemudahan yang ditawarkan belanja online membuat kita betah berlama-lama dan memilih aneka barang di website belanja online. Ini yang menyebabkan orang semakin bersemangat untuk melakukan transaksi belanja online, tapi tetapi banyak orang yang tidak menyangka bahwa belanja online sendiri mempunyai kelemahan dan cenderung para konsumen terkadang itu malah membuat sebuah kesalahan fatal dan berujung pada kekecewaan.

Nah, fakta yang ada banyak orang yang kecewa setelah belanja online tetapi tidak sadar bahwa kekecewaan tersebut diakibatkan oleh dirinya sendiri. Berikut ini beberapa kesalahan yang harus dihindari saat berbelanja online, antara lain :

  1. Terpesona dengan gambar produk. Dalam konsep belanja online, konsumen yang ingin membeli sesuatu barang hanya dapat melihat gambarnya saja tanpa melihat fisik barang yang akan dibelinya tersebut. Dalam sebuah website belanja online, gambar yang dimasukkan tersebut adalah gambar dengan hasil pengeditan yang bagus dan bagaimana membuat orang tertarik jika melihat gambar produk tersebut. Gambar yang bagus mudah memikat kita dan ingin langsung membeli. Perhatikan dulu ukuran, bahan, lingkar dada dan pinggul saat membeli baju misalnya. Kadang belum tertera jelas keterangan tentang barang. Jadi disarankan untuk bertanya kepada penjualnya. Cocok dengan model baju yang terlihat bagus, belum tentu cocok saat dipakai. Begitu juga sebaliknya.
  2. Terbuai diskon. Tidak dipungkiri sebagian besar barang yang dijual di online shop lebih murah dibandingkan harga yang diberikan pedagang di pasaran. Tapi tunggu dulu, jangan mudah pecaya dengan penawaran semacam ini. Penawaran diskon biasanya ditawarkan menjelang event-event tertentu. Kadang barang yang diskon kualitasnya sudah tidak sempurna lagi. Sebaiknya kita memilih website belanja online yang terpercaya, sehingga diskon yang diberikan pun dapat dipertanggung-jawabnya, dan uang kita tidak terbuang sia-sia.
  3. Tidak cek ongkos kirim. Harga barang murah tidak menjadi jaminan kantong anda tidak jebol. Seringkali kita tidak memperhatikan berapa ongkos kirim dari tempat penjual ke tempat kita. Bisa jadi ongkos kirim akan jauh lebih mahal daripada barang yang kita beli. Tetapi biasanya, untuk belanja online ini di sediakan kolom untuk mengetahui berapa ongkos kirim ke tempat tinggal Anda. Dan itu sudah lengkap dengan perhitunga dari jumlag berat atau volume dari produk yang akan dibelinya. Jadi, pastikan untuk memilih website belanja online yang memberikan free ongkos kirim dalam setiap transaksinya. Tetapi,jangan lupa untuk menanyakan kembali biaya akhir yang harus anda bayar, agar tidak terjadi kesalahan fatal dalam berbelanja online.
  4. Dibatasi waktu. Dalam belanja online, beberapa website belanja online menerapkan jangka waktu atau limit dari pembayaran. Biasanya limit waktu pembayarannya akan diterapkan jika website belanja online trsebut sedang mengedakan promo belanja online di mana waktu pembayaran hanya diberikan sekitar 24 jam, dan jika lebih transaksi belanja online Anda akan hangus.
  5. Produk yang dibeli akan dibatasi. Ini lebih jika ada promosi, di mana seseorang tidak boleh membeli lebih dari 1 jenis produk dengan merk yang sama. Ini karena untuk promosi belanja online ini, website belanja online ini akan membatasi jumlah quantity produk yang akan dipromosikan. Tetapi hal ini sangat sulit untuk menemukan situs belanja online yang membolehkan konsumen untuk membeli barang lebih dari 1 dengan merk dan jenis yang sama.

Demikian beberapa kesalahan belanja online, semoga para konsumen dapat berhati-hati dalam berbelanja online. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s