Mengenal Penyakit Tumor

Masyarakat sering mendengar tentang penyakit tumor dan kanker, dan sedikit banyak masyarakat memberikan asumsi bahwa penyakit tumor dan kanker adalah sama. Namun fakta sebenarnya antara penyakit tumor dan kanker ini merupakan 2 penyakit yang berbeda. Menurut para dokter yang khusus dalam bidang penyakit tumor dan kanker ini, bahwa kedua penyakit ini membutuhkan proses dan waktu yang lama dalam proses penyembuhan nya. Biasanya penyakit tumor ini ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan pada tubuh. Tidak jarang benjolan tersebut dibiarkan tanpa ada pemeriksaan lebih lanjut. Namun pada saat dicek, seseorang tersebut merasa kaget bahwa ada tumor di dalam tubuhnya.

Penyakit Tumor

Sekilas Tentang Penyakit Tumor

Penyakit tumor merupakan jaringan yang tidak normal dan biasanya muncul berupa benjolan atau bagian tubuh yang membengkak yang tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh. Tumor ini berasal dari daging yang bersisi cairan dan lemak. Bagian tubuh yang biasa tumbuh di bagian-bagian tubuh seperti ketiak, payudara, otak, leher, dan bagian tubuh lainnya. Untuk perkembangan nya sendiri penyakit tumor ini relatif lambat dan akan tetap pada satu lokasi. Namun jika tidak ditangani dengan benar, tumor akan cenderung akan bertumbuh besar dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Namun untuk jenis penyakit tumor sendiri ada 2 jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Berikut ini penjelasan tentang penyakit tumor agar dapat lebih mengenal penyakit tumor tersebut :

Tumor Jinak

Jenis penyakit tumor ini terbilang tidak berbahaya karena tidak sampai berkembang menjadi kanker. Namun untuk tumor jinak ini jangan dianggap sepele, karena dapat berakibat fatal dan sangat mengganggu kesehatan tubuh. Banyak pasien yang menderita penyakit tumor jinak ini kurang serius dan cenderung menganggap hal ini merupakan hal sepele sehingga menunda pengobatan. Karena semakin cepat tumor jinak ini diobati, akan semakin baik hasilnya dan tumor tersebut akan hilang dari tubuh si pasien. Untuk menghilangkan tumor pada tubuh bisa dilakukan dengan melalui proses operasi.

Tumor Ganas

Jenis penyakit tumor dianggap tumor ganas ini karena tumor sudah berkembang di dalam tubuh dan menjadi sel-sel kanker. Kenapa ada nya ada sel kanker di dalam tumor tersebut ? Ini diakibatkan karena pertumbuhan tumor tersebut, mulai dari pertumbuhan primer menjadi pertumbuhan sekunder yang beberapa diantara nya dapat menyerang bagian vital tubuh dan sangat berbahaya. Untuk menetapkan seseorang mengidap tumor ganas adalah dengan mengambil contoh jaringan dari tubuh yang terkena tumor tersebut. Selanjutnya dilakukan beberapa tes untuk lebih memastikan ada nya tumor ganas pada jaringan tubuh si pasien tersebut. Untuk jenis tumor ganas ini, membutuhkan pengorbanan mulai dari biaya yang tidak sedikit dan harus ditambah dengan pengobatan alternatif untuk membantu mempercepat proses penyembuhan nya. Banyak langkah medis yang dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit tumor ganas ini seperti, pengangkatan melalui operasi, kemoterapi, terapi dengan menggunakan sinar x dan y atau biasa disebut dengan terapi radiasi.

Semoga artikel ini akan membantu dalam hal mengenal penyakit tumor dan lebih peduli dalam mengobati nya, apuy

Leave a comment