Cara Mengatasi Pencurian Data Kartu Kredit

Kartu Kredit sekarang telah menjadi pelengkap hidup seseorang dalam melakukan transaksi jual beli. Zaman sekarang dimana teknologi makin canggih dan banyak orang yang mengikuti serta mengaplikasikan perkembangan teknologi ini dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga berhubungan dengan membuat seluruh aktifitas menjadi lebih mudah terutama dalam hal belanja kebutuhan. Di mana banyak orang tidak di repotkan jika membawa uang tunai di dalam dompet ketika berbelanja. Banyak di antara mereka mempunyai beberapa alasan kenapa selalu menggunakan kartu kredit sebagai alat untuk bertransaksi apapun. Alasan keamanan yang paling utama sebagai suatu alasan yang menyebabkan kenapa orang lebih memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran. Selain itu, mengapa banyak orang memilih dan tertarik untuk menggunakan kartu kredit dalam belanja karena banyak promosi yang diberikan jika pembayaran nya dilakukan dengan kartu kredit misalnya saja diskon atau potongan harga yang diberikan jika membeli sesuatu dengan kartu kredit.

Cara Mengatasi Pencurian Data Kartu Kredit

Namun beberapa waktu yang lalu tersebar berita bahwa adanya berita pembobolan kartu kredit yang dilakukan oleh sekelompok orang yang diduga terkait dengan sindikat internasional. Polisi berhasil mengungkap kejahatan pencurian data kartu kredit dengan cara pembololan kartu kredit ini dilakukan dengan mencuri data kartu kredit dan data tersebut dipindahkan ke kartu kredit lain untuk digandakan sehingga dapat digunakan kartu kredit tersebut. Berikut langkah – langkah yang perlu diperhatikan sebagai cara mengatasi pencurian data kartu kredit :

  • Ketika melakukan pembayaran transaksi menggunakan kartu kredit, maka selalu berusaha untuk memperhatikan teller atau kasir yang menangani pembayaran transaksi kartu kredit Anda.
  • Usahakan untuk menyimpan dengan aman tiga atau empat digit nomor kartu kredit terakhir dari nomor di belakang kartu kredit anda. Ini dilakukan agar semua hal yang berhubungan dengan data kartu kredit anda dapat terjaga rahasia nya dan hanya anda saja yang mengetahuinya.
  • Saat melakukan pembayaran di tempat kasir, usahakan untuk anda dapat memastikan semua proses transaksi dengan kartu kredit tersebut berjalan lancar tanpa ada hal yang mencurigakan.
  • Semua struk belanja dengan kartu kredit harus di simpan untuk membandingkan dengan billing statement kartu kredit yang anda miliki. Dengan hal ini, anda akan lebih mudah untuk mengetahui transaksi mana yang tidak sesuai dengan penggunaan kartu kredit. Sehingga jika ketika anda mendapat surat tagihan, anda dengan mudah memberitahukan kepada bank mengenai hal ini.
  • Jangan sembarangan dalam membayar transaksi menggunakan kartu debit. Lebih baik bila harga yang harus dibayarkan masih terbilang kecil, maka lebih untuk menggunakan uang tunai saja.
  • Untuk semua struk transaksi kartu kredit yang tidak terpakai lebih baik untuk dihancurkan dengan cara merobek atau membakar sebelum dibuang ke tempat sampah. Ini untuk menghindari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang akan mempergunakan dan menyalahgunakan kembali.
  • Pada saat membayar dengan menggunakan kartu kredit, ada baiknya anda menutup kombinasi angka yang harus dimasukkan ketika melakukan pembayaran dengan kartu kredit. apuy

4 thoughts on “Cara Mengatasi Pencurian Data Kartu Kredit

  1. Tambahan dikit Gan.. Kalo punya kartu kredit, usahakan nomer CVC nya dikasih selotip biar nggak kelihatan. Plus, jangan meninggalkan / meminjamkan kartu kredit terlalu lama di kasir / merchant. Entar dia bawa kabur buat digandain atau digesek di merchant sebelah. Hehehehe…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s