Memilih Peralatan Rumah Tangga Dari Bahan Plastik

Peralatan Rumah TanggaMemilih Peralatan Rumah Tangga dari bahan plastik perlu dicermati oleh para setiap ibu rumah tangga. Karena belum tentu semua peralatan rumah tangga dari bahan plastik tersebut aman untuk kesehatan dan juga baik untuk lingkungan sekitar. Peralatan rumah tangga dari bahan plastik memang sudah biasa digunakan sebagai wadah baik untuk makanan atau pun minuman dan ini banyak digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu memilih penggunaan peralatan rumah tangga untuk setiap hari jangan sembarangan, apalagi peralatan rumah tangga tersebut untuk wadah atau tempat makanan. Banyak masyarakat yang kurang aware akan hal ini, karena sebagian besar dari para konsumen tidak mengetahui alat rumah tangga dari plastik yang sering sekali digunakan tersebut berbahaya untuk kesehatan dan juga lingkungan.

Namun sekarang banyak produsen dari peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan-bahan yang ramah akan lingkungan. Tidak hanya bahan saja, namun beberapa peralatan rumah tangga yang dibuat dengan mengaplikasi teknologi canggih sudah menciptakan peralatan rumah tangga dengan teknologi yang ramah akan lingkungan juga aman untuk kesehatan. Seperti produk peralatan rumah tangga dari Bosch Indonesia yang mengusung tema “Green Technology Inside”. Semua produk peralatan rumah tangga produksi di produksi dengan teknolog canggih yang aman terhadap lingkungan dan juga hemat energi. Produk Bosch Home Appliances juga diciptakan untuk menghemat air dalam penggunaan nya. Oleh karena itu, ada beberapa kriteria dari peralatan rumah tangga yang perlu dicermati ketika memilih peralatan rumah tangga dari bahan plastik. Beberapaa kriteria tersebut antara lain :

  • Adanya simbol gelas dan garpu (food grade) pada peralatan rumah tangga tersebut. Simbol ini menandakan peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan plastik tersebut layak digunakan untuk memproduksi perlengkapan makan dan juga peralatan rumah tangga.
  • Ada tulisan “Approved by FDA” pada produk peralatan rumah tangga. Setiap produk peralatan rumah tangga pasti bertandakan simbol seperti garpu dan gelas. Selain itu produk peralatan rumah tangga tersebut di lengkapi dengan tulisan yang menjamin bahwa produk peralatan rumah tangga tersebut sudah mendapat pengesahan dari pihak-pihak berwenang untuk digunakan dalam memproduksi peralatan rumah tangga.
  • Ada tanda food safe atau logo contreng. Ini bisa diartikan peralatan rumah tangga tersebut tidak akan terkontaminasi dengan bahan kimia dalam pembuatan peralatan rumah tangga tersebut. Sehingga makanan dan minuman dapat aman untuk dikonsumsi.
  • Perhatikan logo merk yang telah dipatenkan. Biasa nya para konsumen akan lebih percaya jika produk peralatan rumah tangga, karena produk peralatan rumah tangga tersebut sudah terdaftar dan terjamin keaslian nya. Logo peralatan rumah tangga menggunakan TM (trade mark) atau R (registered).

Demikian beberapa ciri atau kriteria peralatan rumah tangga dari plastik yang aman dan ramah terhadap lingkungan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita dapat selalu berhati-hati dalam memilih peralatan rumah tangga dari bahan plastik. -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s