Membuat Makanan Tahan Lama Di Lemari Es

Menyimpan Makanan Di Lemari EsLemari Es bisa digunakan untuk menyimpan makanan sehingga makanan tersebut dapat tahan lama dan di konsumsi kembali. Ini banyak dilakukan hampir semua para ibu yang menyimpan sisa makanan ke dalam lemari es ini. Namun, terkadang para ibu lupa sehingga membiarkan makanan dan juga buah yang merupakan sisa lama di dalam lemari dan akhir nya membusuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Meski di simpan dalam lemari es, makanan dan buah-buahan pasti akan tetap rusak dan juga membusuk. Ini dikarenakan udara lembab yang ada di dalam lemari es mampu membantu jamur dan bakteri tumbuh dan berkembang. Ini juga akan menyebabkan makanan lain bisa ikut merusak makanan lain yang ada di dalam lemari es.

Membuat makanan tahan lama di lemari es ini bisa diperoleh, jika memperhatikan beberapa hal di bawah ini :

  • Menggunakan wadah kedap udara. Untuk semua jenis makanan dan buah-buahan khusus nya kacang, dan makanan kering sebaik nya di simpan dengan menggunakan tempat yang kedap udara ketika di simpan di lemari es. Tempat kedap udara ini berfungsi untuk mencegah dan mengurangi kelembaban di dalam nya, sehingga ini akan mencegah pembusukan makanan. Khusus untuk kacang-kacangan kering , ada baik nya untuk rutin menjemur paling lama 1 bulan sekali untuk membantu mencegah tumbuh nya jamur dan bakteri.
  • Lakukan pembekuan. Ini khusus dilakukan pada buah-buahan, karena ada buah yang cepat dan mudah busuk seperti ceri, strawberry, dan anggur. Untuk itu, simpan menggunakan plastik yang mudah untuk di eratkan (zip lock bag). Setelah itu masukkan ke dalam frezzer dan biarkan sampai membeku. Namun untuk buah beku ini juga mempunyai masa konsumsi yaitu 4 – 6 bulan, jadi lebih diperhatikan yach bunda.
  • Bungkus menggunakan alumunium foil. Untuk jenis buah-buahan lunak namun memiliki kulit kering seperti pisang, dan lain-lain sebaiknya dibungkus menggunakan alumunium foil. Hal ini merupakan cara terbaik untuk mencegah pisang dari gejala bintik hitam dan keriput, sehingga masih bisa di konsumsi sewaktu-waktu.
  • Rutin dalam perawatan dan kebersihan lemari es. Hal ini perlu bunda ketahui, karena dengan rutin nya perawatan lemari es ini bisa membantu meningkatkan daya tahan penyimpanan lemari e situ sendiri. Biasa kan untuk membersihkan lemari es dengan menggunakan anti bakteri satu minggu sekali. Untuk keseluruhan, lemari es bisa dibersihkan selama tiga bulan sekali. Ini dilakukan untuk membuat lemari es tahan lama dalam penggunaannya.

Demikian beberapa tips menyimpan makanan di lemari es, semoga ini bida bermanfaat untuk bunda di rumah. -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s