Cara Menata Makanan Di Lemari Es

Menata Makanan Di Lemari EsCara Menata Makanan Di Lemari Es dapat membuat lemari es terlihat rapi dan teratur dalam susunan penataan nya. Selain itu menata makanan di lemari es juga bisa digunakan sebagai salah satu cara dalam membantu program diet yang sedang dilakukan. Dengan menata makanan di lemari es, ini akan memudahkan Anda dalam mengatur bahan makanan dan juga bisa mempengaruhi kebiasaan atau pola makan. Berikut cara menata makanan di lemari es :

  • Gunakan rak strategis. Setiap lemari es pasti memiliki rak yang berbentuk sejajar dan biasa nya rak ini terletak di bagian dalam pintu lemari es. Untuk menata makanan di lemari dengan rak sejajar ini, Anda bisa penuhi seluruh rak khusus rak bagian atas dengan buah-buahan, sayuran, dan camilan bernutrisi. Menurut hasil penelitian dari Corell University, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk konsumsi makanan sehat 2,7 kali lebih baik apabila makanan tersebut berada pada garis pandangan Anda. Jadi, usahakan untuk menata makanan di lemari es yang dapat langsung dilihat oleh mata.
  • Kemas dengan pas. Sisa makanan yang ada dan di simpan dalam wadah atau tempat kecil, ini akan lebih mengundang selera makan menjadi lebih tinggi dan Anda akan makan lebih banyak dari yang Anda telah rencanakan. Ini merupakan pernyataan dari Brian Wansink, Ph.D, penulis “Midless Eating: Why We Eat More Thank We Think”. Nah, alangkah lebih baiknya untuk menggabungkan sisa-sisa makanan dalam satu wadah atau tempat yang sama. Ini dilakukan , supaya Anda akan memiliki satu porsi makanan dalam setiap wadah yang ada di dalam lemari es.
  • Cerdas dalam berbelanja. Memang fungsi lemari es adalah untuk menyimpan makanan, tetapi daripada menyimpan makanan dalam lemari es untuk 1 minggu jauh lebih baik membeli makanan sesuai dengan kebutuhan saja atau untuk beberapa hari saja. Ini berhubungan dengan suatu penelitian yang dimuat dalam Journal of Consumer Psychology tahun 2008 kemarin yang menemukan bahwa banyak nya makanan yang di simpan di dalam lemari es bisa meruntuhkan tekad dan motivasi dalam melakukan program diet. Menurut Yarrow, “keinginan makan atau nafsu makan seseorang akan jauh lebih menurun di saat jumlah makanan yang tersedia khusus nya di lemari es sangat sedikit”.
  • Ruang persembuyian makanan. Jika Anda memiliki banyak persediaan camilan atau makanan ringan, pastikan Anda menyimpan camilan tersebut secara tepat dan benar. Usahakan penempatan camilan atau makanan ringan di lemari es pada bagian tengah dan depan. Setelah itu tempatkan makanan yang tidak sehat atau yang menjadi kesukaan di sisi yang tidak mudah terlihat. Ini kenapa ? Pendapat ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Denmark tahun 2009 lalu. Di mana, satu dari empat peserta yang melakukan uji coba atau penelitian tersebut banyak yang memilih makanan ringan sehat pada akhirnya akan ikut konsumsi makanan yang tidak sehat. -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s