Mitos Keliru Tentang Kartu Kredit

Kartu KreditPunya kartu kredit memang ibarat seperti memiliki pisau yang sangat tajam. Jika tidak bisa menggunakan dengan baik, maka pisau itu akan melukai Anda. Maka sebaliknya, jika kartu kredit digunakan dengan baik maka pasti pengeluaran akan seimbang dan keinginan Anda dapat terpenuhi. Karena hal tersebut, banyak orang yang membicarakan apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan dengan kartu kredit.

Kartu kredit sendiri harus digunakan dengan sebaiknya-baiknya dan butuh juga pengendalian. Banyak pernyataan mengenai kartu kredit yang ada adalah dengan maksud yang baik, akan tetapi malah menjadi salah sehingga bisa menjadi suatu masalah. Beberapa pernyataan tersebur berkembang menjadi mitos keliru tentang kartu kredit di antara nya :

  • Memiliki kartu kredit itu menakutkan. Sudah tau alasan apa kartu kredit diciptakan? Ini karena kartu kredit mempunyai masalah ketika harus membayar makan malam namun tidak membawa dompet. Maka, kartu kredit ini bisa digunakan sebagai alat bantu pembayaran menggantikan uang tunai.
  • Punya kartu kredit akan jauh lebih boros daripada punya uang tunai. Ini bukan masalah perhitungan atau pelit, tetapi pernah kan Anda mengalami saat bertransaksi dan Anda mendapat kembalian dari transaksi berupa permen atau kata maaf dari kasir dengan alasan tidak ada uang kecil sebagai kembalian. Bisa Anda bayangkan berapa besar Anda kehilangan uang karena kasir melakukan hal yang sama ?
  • Punya kartu kredit akan banyak hutang. Kartu kredit memang memiliki fasilitas yang dapat menunda pembayaran, namun bukan berarti fasiltas adalah hal yang harus terus menerus untuk dilakukan. Jika setiap Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit ini bisa membayar kembali kepada bank, maka tidak akan ada hutang.
  • Miliki kartu kredit dengan batas yang minim. Dengan memiliki kartu kredit dengan minim limit nya, maka kemungkinan memiliki hutang yang banyak cenderung akan menurun. Namun perlu diingat, memiliki kartu kredit dengan limit yang sedikit ini akan menjadikan fungsi kartu kredit menjadi hilang bahkan tidak ada.
  • Aman, jika kartu kredit tidak dibawa. Kartu kredit mempunyai manfaat sebagai pengganti alat pembayaran tunai. Selain itu manfaat lain dari kartu kredit yaitu keamanan. Mana yang akan dipilih membawa uang dalam jumlah yang besar di dompet atau kartu kredit saja dalam dompet ?

Jadi, setelah membaca artikel ini apakah pola pikir Anda berubah mengenai kepemilikan kartu kredit ? -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s