Kenapa Mati Lampu ?

Mati LampuKenapa Mati Lampu ? Pasti nya pertanyaan ini akan secara otomatis keluar dari mulut kita sebagai pengguna listrik. Mati lampu merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap masyarakat, karena listrik merupakan sumber energi untuk mendukung semua aktifitas dapat berjalan. Tentu nya masyarakat menginginkan solusi mati lampu yang seharusnya diberikan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Solusi Mati Lampu tentu nya sangat dibutuhkan, karena ketergantungan masyarakat terhadap energi listrik sangat tinggi. Apalagi sekarang masyarakat sangat menggunakan listrik sebagai penunjang semua aktifitas. Sebagai masyarakat tentu nya akan merasa kesal, karena untuk tahun ini baru ada kenaikan tarif daya listrik untuk penggunaan di atas 900 watt. Namun, menurut pihak PLN penyebab mati lampu merupakan terjadi nya gangguan yang menjadi penyebab terjadi nya mati lampu. Ada 3 faktor penyebab mati lampu diantara nya :

  • Jaringan yang terganggu

Aliran listrik dialirkan dan disalurkan melalui tiang-tiang listrik yang menghubungkan jaringan kabel sebagai penghantar arus listrik dari pembangkit sampai kepada rumah-rumah pelanggan. Namun seperti yang kita lihat, bahwa sepanjang jaringan listrik tersebut terdapat juga pohon-pohon yang tumbuh. Pohon-pohon ini tumbuh dikarenakan tumbuh dengan sendiri nya atau pohon yang ditanam oleh para penduduk sekitar. Di mana sewaktu-waktu ranting pohon tersebut tidak jatuh dan mengenai kabel listrik dan itu yang menyebabkan jaringan kabel listrik menjadi terganggu dan menyebabkan listrik padam.

Selain pohon-pohon, penyebab padamnya listrik bisa jadi dikarenakan hewan seperti burung, ular, tupai, dll. Untuk penyebab listrik padam seperti ini memang tidak akan terjadi dalam waktu yang lama.

  • Gangguan Mesin Pembangkit

Faktor penyebab mati lampu atau listrik padam adalah terletak pada gangguan yang terjadi di mesin pembangkit tenaga listrik. Terjadi nya pamadaman listrik ini juga karena karena antara pembangkit listrik yang satu terhubung dengan yang lain. Seperti contoh untuk daerah Kalimantan Timur, pembangkit listrik yang digunakan masih banyak PLTU dan PLTD ini saling terhubung.

Mesin pembankit listrik bekerja berputar, jadi jika terjadi gangguan itu wajar padahal pihak PLN sendiri sudah melakukan antisipasi dengan cara melakukan pemeliharaan yang direncanakan dan teratur. Hal ini dilakukan, namun tetap saja ada saja gangguan yang menyebabkan listrik menjadi padam.

  • Pemeliharaan atau perbaikan

Kita sendiri juga tahu bahwa pembangkit tenaga listrik ini merupakan mesin dengan cara kerja selalu berputar. Oleh karena itu, untuk membuat nya selalu maksimal maka dilakukan pemeliharaan mesin pembangkit listrik atau perbaikan bagian-bagian dari pembangkit listrik yang memang harus dilakukan. Jadi, penyebab terjadi pemadaman listrik yang mengakibatkan mati lampu karena adanya pemeliharaan atau perbaikan pembangkit listrik di daerah rumah Anda.

Jadi, berhak kah kita sebagai pengguna listrik marah dan kesal jika terjadi mati lampu setelah membaca artikel ini ? Semoga artikel ini bisa membuat kita sebagai pelanggan menjadi lebih paham akan hal ini. –apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s