Pakai Power Bank, Cek Dulu Kemampuan Baterai

Banyak orang yang menggunakan power bank untuk membuat baterai gadget menjadi tahan lama. Namun pemakaian power bank telah menjadi sebuah kebutuhan ketika menggunakan gadget seperti smartphone atau tablet. Di tambah lagi sekarang banyak toko elektronik khusus toko online yang jual power bank murah dengan berbagai macam merk dan jenis. Tentu nya hal ini menambah keinginan seseorang untuk memiliki power bank sebagai baterai cadangan bagi gadget yang dimilikinya.

Kenapa Power Bank Jadi Solusi ?

Penggunaan power bank memang dibutuhkan ketika bepergian sebagai baterai cadangan. Selain itu penggunaan power bank ini juga disebabkan oleh banyaknya pengguna smartphone yang merasa baterainya bermasalah dan gampang habis padahal pemakaian nya tidak terlalu sering. Banyak alasan mengenai baterai smartphone yang bermasalah seperti kapasitas nya lemah, tidak stabil, sampai dengan pemakaian yang boros. Karena hal itu banyak orang yang terganggu aktifitas nya dan menggunakan power bank sebagai solusi nya.

Pakai Power Bank, Cek Dulu Kemampuan Baterai

Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan power bank, ada baiknya untuk cek dan periksa terlebih dahulu kemampuan daya baterai gadget. Apalagi ketika membeli gadget baru, berikut beberapa ulasan mengenai baterai gadget khusus nya smartphone.

Jenis Baterai Yang Digunakan

Secara teknis, baterai yang digunakan setiap smartphone tentu nya berbeda dari jenis maupun spesifikasinya. Perlu diperhatikan adalah dari kualitas dari jenis baterai tersebut. Namun untuk jenis baterai yang umum dan biasa digunakan untuk smartphone adalah Lithium-ion (Li-Ion) seperti yang banyak digunakan untuk merk Samsung. Sedangkan untuk iPhone sendiri, jenis baterai yang digunakan adalah Lithium-ion Polymer (Li-Po).

Untuk baterai jenis Li-Ion ini lebih murah untuk diproduksi. Selain itu jenis baterai ini menggunakan teknologi self-discharge, di mana penggunaannya akan terasa hemat dan juga aman. Sedangkan untuk jenis baterai Li-Po lebih baik dari jenis-jenis baterai lainnya. Kenapa ? Karena bobotnya yang lebih ringan, tahan lama, dan juga tingkat penuaannya yang lebih lambat menjadikan baterai cocok untuk gadget tipis seperti iPhone.

Besarnya Kapasitas “mAh”

Kapasitas sebuah baterai secara teknis akan menentukan kualitas dari baterai tersebut. Tidak hanya kualitas saja, kapasitas juga akan menentukan kemampuan baterai tersebut dalam pemakaian nya. Maka ketika memutuskan untuk membeli gadget, pastikan untuk memperhatikan kapasitas baterai namun perhatikan juga dari segi kebutuhan Anda. Jika gadget Anda digunakan untuk multi tasking, maka pilihlah gadget yang mempunyai baterai dengan kapasitas “mAh” yang lebih besar.

Catatan Penting !

Memang semua alasan teknis di atas penting untuk diperhatikan, namun faktor utama adalah faktor pemakaian kunci nya. Penggunaan yang sembarang dan tidak sesuai, kerap menjadi pemicu masalah pada baterai.

Nah, sebelum pakai power bank, cek dulu kemampuan baterai gadget Anda !-apuy-

4 thoughts on “Pakai Power Bank, Cek Dulu Kemampuan Baterai

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s