Tips Foto Makro Dengan Kamera Saku

Camera.co.id Toko Kamera Murah Di Indonesia memang terkenal sebagai toko kamera yang menawarkan berbagai jenis dan merk kamera. Salah satunya kamera saku/digital dengan harga terjangkau dan produk yang berkualitas serta bergaransi resmi. Memang sekarang kamera saku menjadi favorit karena mudah untuk digunakan. Dan bisa juga belajar foto, seperti foto makro dengan kamera saku.

Kamera saku ternyata bisa loh dijadikan media untuk membuat foto makro dengan hasil yang tidak kalah dengan kamera SLR / DSLR. Foto makro sama seperti foto close up yang menampilkan objek dari jarak dekat. Mau tahu Tips Foto Makro Dengan Kamera Saku ? Yuk, kita simak beberapa tips nya :

  • Pakai Mode Makro

Mode Makro

Setiap kamera saku pasti akan ada mode makro yang sudah disediakan oleh para produsen kamera. Untuk belajar foto makro, maka gunakan dan maksimalkan mode makro ini untuk menghasilkan foto makro yang berkualitas. Biasanya mode makro pada kamera saku disimbolkan dengan ikon bunga pada pengaturan kamera Anda.

  • Pergunakan Tripod

Tripod

Kamera saku juga bisa dipergunakan tripod untuk mengambil foto makro. Tripod sangat membantu untuk membuat foto menjadi lebih tajam. Selain itu, tripod mengurangi goyangan kamera ketika mengambil foto dan membuat komposisi dan sudut pemotretan menjadi lebih baik.

  • Atur Aperture

Aperture

Menu Aperture terdapat pada mode makro di kamera saku Anda. Biasakan sebelum mengambil foto dengan mode makro, maka setting dulu aperture dengan mengubah besaran aperture atau f/x. Ada angka x besar dan kecil pada menu ini, angka x ini jika bidang fokus luas atau semua akan tampak fokus. Sebaliknya jika Anda pilih x kecil, maka bidang fokus yang akan didapat kecil sehingga diluar titik fokus akan tampak blur. Untuk para pemula, mulai dari angka yang aman dengan gunakan f/4 atau f/5.6 sebagai awal.

  • Fokus

Titik Fokus

Gunakang setting manual fokus, ini jika kamera memungkinkan. Sehingga Anda akan lebih leluasa dalam menentukan titik mana yang menjadi titik fokus. Biasanya untuk mode makro pada kamera saku, pengaturan fokus manual akan jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan auto.

  • Komposisi

Komposisi

Untuk komposisi dalam foto makro juga perlu diperhatikan atau paling tidak Anda tahu mengenai teori rules of third. Selain itu pastikan background yang digunakan simpel, sehingga hasil foto nanti akan lebih terlihat bagus.

  • Lighting / Pencahayaan

Lighting

Masalah pencahayaan juga perlu menjadi pertimbangan ketika ingin mengambil foto makro. Banyak anggap menggunakan flash akan membuat foto makro lebih bagus, namun sebenarnya itu salah, karena hasilnya akan kurang bagus. Oleh karena ini manfaatkan cahaya matahari saja namun cahaya yang tidak langsung, seperti cahay dari jendela atau ketika cuaca mendung.

Memilih Kamera Sesuai Kebutuhan tentunya penting karena ini menyangkut harga dan keperluan Anda. Jika Anda membutuhkan kamera saku yang bisa mengambil foto makro, maka sebaiknya pilihlah kamera yang tepat. Selamat mencoba untuk foto makro! -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s