Beda Antara Offset Printing vs Digital Printing

Beda Antara Offset Printing vs Digital PrintingJasa Percetakan Digital yang kini makin banyak dan berkembangnya bisnis percetakan, akan tetapi banyak orang yang masih bingung ketika mendengar offset printing dengan digital printing. Padahal pemahaman akan keuntungan dan kerugian jika menggunakan cara percetakan digital dengan percetakan offset tentu sangat penting dalam menentukan pilihan bisnis mana yang tepat.

Offset Printing vs Digital Printing

Jauh sebelum itu, ada beberapa perbedaan yang akan membuat kedua jenis percetakan ini. Perbedaan ini juga menentukan seorang pengusaha akan memilih mana bisnis percetakan mana yang akan digelutinya, Beda Antara Offset Printing vs Digital Printing

Offset Printing

Percetakan offset adalah percetakan yang biasa digunakan hanya untuk keperluan komersial dan biasanya hanya untuk jumlah cetakan yang banyak. Ciri yang paling khas dari percetakan offset ini adalah penggunaan film dan plat cetak yang terbuat dari alumunium plate. Plat cetak dimanfaatkan sebagai media atau alat transfer document yang akan dicetak ke permukaan kertas, plastik lain-lain. Namun dokumen yang akan dicetak biasanya diisi tinta dari roll mesin.

Offset printing sendiri untuk masalah harga terkenal mahal. Karena penentuan harga ini bisa ditentukan oleh faktor sedikitnya volume cetakan, selain itu offset printing memerlukan pelat dan film. Biasanya dengan satu pelat akan mewakili satu bidang dokumen, untuk satu warna, dan juga jenis. Maka semakin banyak jenis dokumen dan warna yang akan digunakan, maka jumlah biaya yang harus dibayarkan pun akan semakin besar. Selain itu, faktor mahalnya harga cetakkan dengan offset printing yakni jenis kertas yang digunakan, paduan warna, ukuran kertas, dan juga kualitas warna.

Disamping harga cetak yang mahal, ada beberapa keuntungan ketika menggunakan offset printing ini :

  • Kualitas warna pada hasil cetakan akan tahan lama, tidak cepat pudar dibandingkan dengan digital printing.
  • Jika mencetak dengan volume yang tinggi, maka harga atau biaya cetak nya akan jauh lebih murah di bandingkan dengan percetakan digital.
  • Proses pencetakan dapat dilakukan diberbagai jenis media kertas , dan ini tidak bisa dilakukan oleh mesin-mesin ada jasa percetakan digital. Dengan offset priting, proses cetak bisa dilakukan dengan jenis kertas yang mempunyai tebal hingga 400gr.
  • Proses pencetakan juga bisa dilakukan pada bidang yang bermotif, dan juga pada media kertas yang telatif tipis.
  • Hasil cetakan akan jauh lebih akurat jika menggunakan tinta dengan jenis emas, silver, dan warna nya akan akan terlihat bagus jika menggunakan warga gradasi abu-abu.
  • Hasil cetakan akan terlihat tajam dan merata jika menggunakan tinta full block. Untuk jenis tinta ini lebih sering digunakan untuk pembuatan desain dengan tipe negatif.

Jasa Percetakan Digital / Digital Printing

Untuk jasa percetakan digital merupakan kebalikan dari offset printing khususnya dalam proses pencetakan. Berbeda dengan offset printing, digital printing tidak menggunakan plat dan film sebagai media cetak, namun digital printing sudah menggunakan teknologi komputerisasi. Untuk harganya, digital printing akan jauh lebih murah dari offset digital karena tidak ditentukan dengan volume cetakan. Selain itu, proses pencetakan lebih cepat dari offset printing.

Tidak hanya itu, ada beberapa keunggulan lain dari digital printing :

  • Desain yang telah ada akan bisa langsung dicetak sesuai dengan keinginan. Jaminan ketajaman dan kejernihan pada hasil cetak ditentukan dari kualitas desain yang telah dibuat. Namun perlu untuk diketahui, jika semua desain yang dibuat harus menggunakan format warna CMYK.
  • Proses pencetakan terbilang sangat singkat, akan tetapi ini ditentukan oleh sedikit/banyak nya volume cetakan.
  • Biaya produksi jauh lebih murah meskipun volume cetakan hanya sedikit.
  • Jasa percetakan digital merupakan cara mencetak yang lebih aman dan ramah terhadap lingkungan. Ini karena proses pencetakan digital paling hemat dalam penggunaan kertas, tinta dan pelengkap lainnya.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan baik dari offset printing dan digital printing, kini giliran Anda untuk memilih jenis percetakan mana yang akan dijadikan bisnis utama. Selamat berbisnis! -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s