Cegah Kebocoran di Atap

Cegah Kebocoran di AtapKebocoran saat musim hujan tiba sering menjadi masalah yang harus dihadapi oleh beberapa keluarga. Kebocoran yang berasal dari atap dari mulai kebocoran kecil (berupa rembesan) hingga kebocoran besar (tetesan air) adalah hal yang harus segera di atasi terutama saat musim hujan agar masalahnya tidak semakin menyebar ke tempat yang lainnya, seperti kerusakan pada plafon akibat terkena tetesan air terus-menerus. Banyak orang yang menggunakan cat anti bocor untuk mengatasi masalah ini. Sebenarnya hal ini tidak salah, namun akan lebih baik jika kita mempelajari terlebih dahulu apa saja penyebab atap mengalami kebocoran dan bagaimana mengatasinya, setelah itu baru melengkapi nya dengan cat anti bocor. Berikut ini adalah beberapa penyebab kebocoran dan bagaimana cara mengatasinya:

  • Sudut kemiringan atap yang salah (Atap tanah liat)

Bentuk atap yang terlalu landai akan berdampak pada aliran air yang tidak dapat mengalir sempurna. Sudut kemiringan atap yang terbaik adalah antara 30O sampai 40O, namun tetap bergantung pada jenis atapnya. Saat membeli atap biasanya akan di sarankan sudut kemiringan yang sesuai dengan atap tersebut, jadi lebih baik ikuti aturannya agar tidak terjadi kebocoran.

  • Pemasangan atap yang kurang tepat (Atap tanah liat)

Atap tanah liat ini di bentuk bertumpuk-tumpuk. Pemasangan atap yang kurang tepat akan menyebabkan terjadinya celah yang berakibat pada kebocoran. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena jika seluruh atap telah terpasang, akan sulit menemukan celah penyebab kebocoran.

  • Talang air yang kurang pas

Memilih ukuran talang air harus sesuai dengan kapasitas air yang akan dialirkan. Ukuran yang terlalu kecil menyebabkan air tidak dapat mengalir sempurna dan menyebabkan kebocoran. Selain itu, perhatikan pemasangan talang air juga pada setiap sambungannya. Selain memperhatikan pemasangan talang, kebersihan talang air juga harus di perhatikan. Pastikan tidak ada sampah yang menutup talang air hingga dapat menghalangi jalannya aliran air.

  • Keretakan pada atap

Keretakan pada atap ini bisa terjadi pada semua jenis atap. Untuk mengantisipasinya bisa digunakan cat pelapis anti bocor, seperti aquaproof yang bermanfaat untuk melapisi bagian atap agar menjadi tahan terhadap air. Cat pelapis ini juga sebaiknya di gunakan pada setiap sambungan di atap agar bebas dari bocor.

Semoga tips untuk Cegah Kebocoran di Atap bisa bermanfaat untuk Anda! -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s