Cara Tepat Tingkatkan Fungsi Aki Motor

Aki MotorSudah menjadi fakta dan hal yang umum, bahwa harga aki motor di setiap bengkel motor pasti akan berbeda. Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa aki motor sangat penting untuk sebuah sepeda motor, namun ini sering kali diabaikan oleh para pemilik sepeda motor. Kemungkinan terbesarnya karena pengguna motor masih bingung bagaimana perawatan untuk membuat aki motor menjadi tahan lama. Selain itu cara mengganti aki motor nanti jika memang sudah waktunya untuk melakukan pergantian.

Kekhawatiran di atas memang dimaklumi, karena memang aki motor merupakan komponen yang penting, sehingga butuh yang namanya pengetahuan mengenai aki motor tersebut. Dengan pengetahuan tentang aki motor, kita juga tahu beberapa cara tepat tingkatkan fungsi aki motor tersebut. Marilah sama-sama kita kupas satu per satu!

Klasifikasi Aki Motor

Jenis aki motor memang banyak, namun aki motor yang sering digunakan oleh para pengguna motor adalah aki basah dan aki kering. Oleh karena itu butuh pengetahuan mengenai kedua jenis aki motor tersebut, sehingga kita akan lebih mudah untuk memahami kedua jenis aki tersebut dan mana yang cocok untuk kendaraan motor kita. Untuk lebih jelas dan lengkap, silahkan perhatikan gambar di bawah ini

Klasifikasi Aki Motor
Klasifikasi Aki Motor

Fungsi Dasar Aki Motor

Klasifikasi aki motor sudah, kini pengetahuan lainnya yang harus diketahui adalah seputar fungsi dasar aki motor. Dengan mengetahui akan fungsi dasar aki motor, kita juga lebih mudah untuk tahu cara tingkatkan fungsi aki motor yang kita miliki. Berikut ini beberapa fungsi dasar dari aki motor, seperti :

  • Berbeda dan tidak seperti sel kering, ketika kering akan dibuang setelah habis. Untuk jenis aki motor bisa diisi ulang selama pemakaian, sehingga pemakaiannya bisa jauh lebih lama.
  • Jika aki sepeda motor rusak, tentu ini akan menganggu sistem kelistrikan pada sepeda motor dan akan merespon pada tingkat kecepatan ketika motor digunakan. Ketika kecepatan rendah, cahaya lampu akan berkurang. Sebaliknya, jika pada motor dipacu dalam keadaan cepat maka cahaya lampu akan lebih terang.
  • Meningkatnya jumlah komponen listrik pada sepeda motor, seperti pergeseran dari penggunaan teknologi 4 stoke menjadi matic. Kondisi ini membuat setiap pengendara akan lebih bergantung pada sistem kelistrikan yang disuplay oleh aki motor.

Setelah mengetahui akan pengetahuan dasar mengenai aki motor maka kita juga tahu bagaimana cara menggunakan, merawat, dan tentu meningkatkan fungsi dari aki sepeda motor itu sendiri. Semoga bisa bermanfaat untuk para pengendara motor dan jangan lupa nantikan informasi otomotif Indonesia lainnya! -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s