Mana Lebih Mudah Rontok, Rambut Keriting atau Lurus ?

Mana Lebih Mudah Rontok, Rambut Keriting atau LurusSudah tentu menjadi seorang wanita, rambut menjadi mahkota indah dan sangat penting. Bahkan rambut bisa menjadi pemikat untuk para kaum laki-laki. Oleh karena itu, tidak jarang para wanita menyediakan budget khusus untuk melakukan perawatan rambut seperti salah satunya dengan membeli produk vitamin perawatan rambut. Nah, sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa rambut lurus lebih banyak disukai dibandingkan dengan jenis rambut keriting.

Beberapa wanita yang memiliki rambut keriting, terkadang ingin mengganti penampilannya dengan meluruskan rambut keritingnya. Apalagi kini sudah banyak produk perawatan dan penataan untuk meluruskan rambut kini sudah dengan mudah ditemui dan harganya pun terjangkau. Namun sebenarnya mana lebih mudah rontok, rambut keriting atau lurus ?

Sebagaimana yang dikutip dalam rubrik khusus wanita pada situs kompas.com, salah satu dokter spesialis kulit dan kelamin yaitu dr. Eddy Karta, SpKK bahwa rambut kerinting dan lurus sama-sama memiliki potensi untuk mengalami masalah kerontokkan. Akan tetapi rambut keriting lebih memiliki nutrisi yang lebih baik dari rambut lurus. dr. Eddy Karta, SpKK juga menjelaskan bahwa kelenjar sebasea merupakan kelenjar yang bentuknya menyerupai kantong kecil dan tempatnya di dermis, tepatnya di sebelah folikel rambut. Kelenjar sebasea memiliki fungsi melepaskan seburn ke rambut sekaligus melembabkan kulit kepala.

Tentang masalah kerontokan pada rambut, ada penyebab utama yang bisa menimbulkan hal tersebut terjadi seperti faktor genetik dan juga gaya hidup. Semua jenis rambut baik rambut lurus dan keriting akan sama-sama berpeluang untuk mengalami mengalami kerontokan jiwa tidak dilakukan perawatan secara teratur dan baik. Sadar akan itu, berikut ini ada 3 tips perawatan rambut dasar untuk berbagai jenis rambut dari dr. Eddy Karta, SpKK mengenai solusi perawatan rambut terbaik khususnya untuk masalah kerontokan yaitu sebagai berikut :

  • Jangan pilih perawatan rambut yang instan

Perawatan rambut itu tidak seperti membalikkan tangan, di mana untuk hasil yang memuaskan butuh waktu dan juga komitmen yang kuat. Selain itu perawatan rambut yang baik itu telah melewati uji klinis yang terpercaya.

  • Pilih brand produk perawatan rambut terbaik

Tentu memilih produk produk perawatan rambut seperti vitamin perawatan rambut tentu tidak boleh sembarangan. Bahaya jika sembarangan ketika memilih produk perawatan rambut justru akan menimbulkan masalah yang lain, karena ini menyangkut ke organ vital tubuh yaitu kulit kepala yang berhubungan langsung dengan otak.

  • Tentukan program perawatan rambut yang tepat sasaran

Bukan hanya dalam memilih produk perawatan rambut saja, tapi program perawatannya pun harus tepat sasaran. Biasanya untuk sebuah program perawatan rambut dimulai dari diagnosa terhadap kondisi kulit kepala rambut, sehingga bisa mengetahui penyebab dari masalah rambut menjadi mudah rontok. Setelah diagnosa, maka akan diberikan rekomendasi jenis produk hingga perawatan yang sesuai untuk jenis rambut.

Tidak menjadi masalah apa jenis rambut yang kita miliki, tapi bagaimana kita bisa merawat mahkota yang kita miliki dengan benar dan rutin. Sehingga rambut bisa terjaga kesehatannya dan bisa menjadi daya tarik tersendiri ketika berpenampilan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat yach! -apuy-

4 thoughts on “Mana Lebih Mudah Rontok, Rambut Keriting atau Lurus ?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s