Menjadi Sales yang Sukses

Menjadi Sales yang SuksesSales adalah bagian pekerjaan yang akan dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik dalam perusahaan skala kecil maupun besar. Apapun produk yang dihasilkan atau jasa yang ditawarkan, semua akan sia-sia jika tidak ada tenaga pemasaran (sales) yang memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat. Bahkan bagi sales yang berhasil, mereka akan bisa mendapatkan penghasilan dengan nilai yang fantastis yang mungkin akan sulit di dapatkan oleh seseorang yang bekerja pada bagian atau departemen lain. Salah satu bukti nyatanya, dapat kita lihat dalam film Merry Riana yang mengisahkan keberhasilannya memperoleh penghasilan mencapai satu juta dollar di usianya yang masih cukup muda. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami oleh Merry Riana, dan sangat bermanfaat untuk memotivasi remaja untuk berusaha agar dapat mendapat kesuksesan.

Tips Jadi Sales Sukses

Menjadi seorang sales yang sukses dan berhasil memperoleh penghasilan dalam jumlah besar adalah keinginan semua orang yang terjun dalam dunia pemasaran. Berhasil menjual produk yang dipasarkan sebanyak-banyaknya tidak hanya akan menguntungkan perusahaan saja, tetapi juga bagi sales tersebut. Terutama, jika perusahaan menerapkan sistem komisi untuk penghasilan yang diterima oleh salesnya. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa menjadi sales yang sukses. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan agar menjadi sales yang sukses :

  • Target kita adalah prospek yang melakukan action, bukan jumlah prospek. Ingatlah bahwa tidak semua prospek tertarik membeli produk kita. Mungkin saja, dari 10 orang prospek, hanya 1 orang yang benar-benar tertarik hingga akhirnya melakukan action langsung (membeli produk). Karena itulah, cari prospek sebanyak-banyaknya sehingga kemungkinan yang melakukan action juga akan lebih banyak.
  • Jika prospek sudah langsung menolak dengan tegas, jangan terus menawarkan produk pada prospek tersebut karena mereka akan merasa terganggu dengan kita. Akan tetapi, jika prospek mengatakan bahwa saat ini mereka belum membutuhkannya, artinya ada kemungkinan suatu saat mereka akan membutuhkan produk kita. Berikan kartu nama kita, dan mintalah kontaknya agar dia bisa menghubungi kita saat dia membutuhkan produk kita.
  • Berikan service yang terbaik pada prospek, dengan begitu prospek akan merasa nyaman dengan kita. Terkadang, meskipun prospek tersebut belum membutuhkan produk kita tetapi karena mereka merasa nyaman dengan kita, mereka akhirnya melakukan pembelian.

Seorang sales yang berhasil, intinya adalah bekerja dengan semangat dan pantang menyerah. Meskipun mengalami kegagalan, tetap harus selalu berusaha untuk mencari prospek baru. (Yv)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s