Belajar Bicara Bahasa Inggris, Hindari 5J Ini!

Belajar Bicara Bahasa InggrisBelajar bicara bahasa Inggris sepertinya sudah menjadi kewajiban, bukan hanya untuk kalangan pelajar namun para staff/karyawan pun harus punya keahlian dalam bicara menggunakan bahasa inggris. Belajar bicara bahasa inggris kini sudah lebih dipermudah dengan banyaknya lembaga-lembaga kursus bahasa inggris dengan harga yang bisa dibilang cukup terjangkau. Setiap orang tentu bisa bicara bahasa inggris, namun kebanyakan orang justru merasa kurang PD akan kemampuannya sendiri bahkan sudah lebih dulu merasa takut. Karena hal tersebut, ini akan menjadi penghambat untuk bisa belajar bahasa inggris.

Selain faktor kepercayaan diri yang bisa menghambat seseorang untuk bisa belajar bicara bahasa inggris, ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan hal itu bisa terjadi. Jadi, ingin cepat dalam belajar bicara bahasa inggris, hindari 5J ini! Apa saja 5J tersebut, mari kita simak bersama-sama

  • Jangan Malu Untuk Berbicara

Salah satu solusi terbaik untuk bisa bicara bahasa inggris adalah buka mulut dan mulailah mencoba untuk berbicara dalam bahasa inggris. Dengan banyak berbicara, kita bisa tahu letak kesalahan yang harus diperbaiki dikesempatan lain. Bersikap berani adalah salah satu cara untuk melawan ketakutan bahkan bisa menguasai rasa takut diri sendiri. Jika alasan hanya malu bicara bahasa inggris, maka ini akan menghambat kita untuk bisa berbicara dalam bahasa inggris dan makin lama proses belajarnya. Justru dengan banyak berlatih dan mencoba bicara dalam bahasa inggris sehari-hari, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mahir dalam percakapan dalam bahasa inggris.

  • Jangan Takut dan Merasa Khawatir Buat Kesalahan

Setiap manusia tentu sudah menjadi kodratnya untuk selalu melakukan kesalahan, apalagi konteksnya bicara bahasa inggris yang notabennya merupakan bahasa asing yang tidak biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Justru ketika Anda melakukan kesalahan-kesalahan dalam berbicara bahasa inggris, ini justru akan membuat Anda akan termotivasi untuk belajar dari kesalahan dan berusaha tidak mengulanginya kembali.

Grammer bahasa inggris memang menjadi hal yang Anda khawatirkan ketika berbicara dalam bahasa Inggris. Tentu penggunaan grammer yang salah, justru akan membuat makna atau maksud yang terkandung dalam percakapan bahasa inggris tersebut akan berbeda. Namun jangan khawatir, ketika melakukan conversation dalam bahasa inggris kesalahan dalam pengucapan grammer tidak akan dipermasalahkan. Justru teman bicara Anda akan berusaha untuk memahami setiap perkataan Anda untuk bisa menjawab dan melanjutkan percakapan tersebut. Selama Anda berbicara dengan jelas dan merasa percaya diri ketika berbicara serta paham akan maksud dari perkataan Anda, maka tidak akan menjadi masalah jika Anda salah dalam menggunakan kata, akhiran, maupun struktur kalimat.

  • Jangan Selalu Meminta Maaf Atas Level Anda

Merasa aneh bukan ketika sedang melakukan percakapan, lawan bicara Anda selalu mengucapkan permintaan maaf atas bahasa inggris yang mereka ucapkan ? Dengan terus menerus meminta maaf, malah ini yang membuat Anda akan tertahan dan tidak akan bisa belajar dari lawan bicara Anda. Mencapai tingkat fasih bicara bahasa inggris bukan jadi tolak ukur dan ini semua orang membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Jadi, jangan merasa kecewa dan memandang rendah diri Anda dengan kemampuan yang kini Anda miliki, karena ini merupakan hasil dari proses belajar Anda.

  • Jangan Pernah Merasa Frustasi Pada Diri Sendiri

Dalam belajar bicara bahasa inggris tentu ada kalanya timbul yang namanya frustasi, masa di mana Anda tidak bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah diberikan oleh pengajar pada saat proses belajar dilakukan. Jangan khawatir, ini memang akan terjadi dan sudah menjadi bagian yang biasa akan dilewati seseorang ketika mempelajari sebuah bahasa asing termasuk bahasa inggris. Untuk bisa mengalahkan masa frustasi ini adalah tentu dengan melakukan latihan, latihan dan latihan.

  • Jangan Anggap Hal Personal, Ketika Orang Tidak Mengerti Maksud dari Perkataan Anda

Bahasa inggris tentu sudah menjadi bahasa internasional, namun perlu dipahami bahwa setiap negara yang menggunakan bahasa inggris tersebut tentu akan ada aksen (cara berbicara dan pemahaman) yang berbeda-beda. Jadi, sudah menjadi hal yang lumrah ketika Anda melakukan percakapan menggunakan bahasa inggris lawan bicara Anda akan tidak mengerti akan maksud dari setiap perkataan Anda karena aksen dan pemahaman mereka yang berbeda. Contohnya saja Australia, Inggris, Irlandia, dan Amerika Serikat yang memiliki perbedaan aksen berbicara. Jadi, ketika mendapat teman bicara yang tidak memahami apa yang Anda bicarakan maka maklumlah dan jangan anggap ini menjadi hal personal yang pada akhirnya bisa merusak percakapan tersebut.

Dijamin selama diri Anda masih melakukan 5 hal tersebut, ini akan menyulitkan Anda dalam belajar bicara bahasa Inggris! Semoga bermanfaat yah. -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s