Mengatasi si Picky Eater

Mengatasi Problem Anak Susah MakanMemberi makan anak kadang dapat menjadi sumber frustrasi yang teramat sangat bagi sang ibu. Ada kalanya si buah hati akan memilih untuk bermain dibandingkan dengan makan, dan seringkali juga ia memilih-milih makanan dan hanya memakan apa yang ia suka. Jika anak susah makan, maka asupan nutrisi yang dibutuhkan juga seringkali tidak akan terpenuhi, dan dapat menghambat pertumbuhan anak di masa ia sebenarnya paling butuh nutrisi.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk membantu agar anak lebih mudah saat makan, antara lain:

  • Jika sang anak tidak lapar, jangan paksakan anak untuk makan atau ngemil. Sebaiknya orangtua juga tidak memaksa anak untuk makan makanan tertentu atau menghabiskan apa yang ada di piringnya, karena ini dapat mengasosiasikan waktu makan dengan frustrasi dan kecemasan. Anak sebaiknya diberi porsi-porsi kecil dan diberikan kesempatan untuk meminta tambah dengan sendirinya.
  • Penyajian makanan juga sebaiknya dilakukan rutin pada waktu yang sama setiap harinya.
  • Jika ingin memberi anak makanan baru, mereka mungkin akan mencoba makanan baru itu dengan cara menyentuh atau menciumnya. Kadang-kadang anak harus diberikan makanan baru beberapa kali sebelum ia akan terbiasa. Menyajikan makanan baru bersama dengan makanan favorit anak juga akan membantu.
  • Buatlah penampilan makanan dengan tampilan yang semenarik mungkin, misalnya dengan membentuk makanan menjadi bentuk-bentuk lucu atau menyajikan makanan dengan warna-warna cerah.
  • Di supermarket, mintalah bantuan anak untuk membantu memilih buah, sayuran, dan makanan sehat lainnya.
  • Berilah contoh baik kepada anak dengan memakan makanan yang sehat.
  • Matikanlah gadget dan televisi selama waktu makan.
  • Kreatif dalam penyajian makanan juga sangat penting, seperti mencampur sayur-sayuran dan buah ke dalam makanan favorit anak.
  • Jangan menjanjikan makanan penutup sebagai hadiah, karena itu memberikan pesan bahwa makanan penutup adalah makanan terbaik, membuat anak makin ingin memakan makanan manis.
  • Jangan membuat makanan baru untuk anak jika ia tidak ingin makan apa yang disajikan, tetapi mintalah dia untuk tetap duduk di meja selama waktu makan, walaupun ia tidak makan. Tetap berikan anak pilihan makanan sehat agar mereka terbiasa.

Beberapa tips cara atasi anak susah makan di atas dapat dicoba sehingga bisa membuat anak-anak dapat terbiasa untuk makan makanan sehat dan tidak menjadi anak yang pemilih. (Dana)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s