Serunya Mengunjungi Festival Lebaran Betawi

Selain Pekan Raya Jakarta yang rutin di gelar setiap tahunnya untuk merayakan hari ulang tahun Kota Jakarta, di kota ini masih memiliki berbagai festival lainnya yang selalu menarik untuk dikunjungi. Berbagai festival yang digelar di Jakarta ini selalu dapat menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. Karena itulah, jumlah wisatawan yang datang dan menginap di Jakarta hotel akan meningkat ketika sebuah festival sedang digelar di Jakarta. Salah satu festival rutin yang di gelar setiap tahunnya yaitu Lebaran Betawi.

Festival Lebaran Betawi

Lebaran Betawi merupakan sebuah festival yang diadakan secara rutin setiap tahunnya. Festival Lebaran Betawi ini pertama kali diadakan pada tahun 2008 di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, dan selama dua tahun terakhir (2013 – 2014) festival ini di adakan di Monumen Nasional (Monas). Lebaran Betawi juga digunakan sebagai ajang silaturahmi antar warga Jakarta, sekaligus sebagai wadah untuk memperkenalkan berbagai budaya dan kuliner khas Betawi yang mulai jarang di temui.

Dalam festival ini, pengunjung akan disuguhkan berbagai penampilan khas Betawi di beberapa panggung yang tersedia. Lima wilayah administrasi (Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat) akan memperkenalkan berbagai hal khas daerahnya masing-masing. Selain terdapat panggung-panggung berukuran kecil yang digunakan untuk menampilkan kesenian khas masing-masing daerah, terdapat satu panggung utama yang digunakan untuk menampilkan tokoh-tokoh penting Jakarta serta menampilkan kesenian khas Betawi.

Bagi yang senang dengan berbagai makanan khas Betawi yang mulai jarang ditemui, datang ke festival ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Dalam festival lebaran betawi ini, kita akan menemui banyak sekali makanan khas Betawi yang mulai langka. Misalnya saja seperti kerak telor, es selayang pandang, dodol khas Betawi, dan masih banyak lainnya. Sementara, bagi pengunjung yang kurang menyukai kuliner khas Betawi hal ini bukanlah masalah, karena dalam festival ini kita juga dapat menemui berbagai makanan lainnya. Setiap tahunnya, festival ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, baik yang merupakan masyarakat Betawi asli ataupun wisatawan dari berbagai daerah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s