Mengenal Istilah Perusahaan Properti Indonesia

Baik di layar kaca maupun di layar bioskop, sangat sering kita melihat iklan untuk perusahaan-perusahaan properti Indonesia menghiasi segmen iklan dan iringan trailers sebelum film dimulai. Sering juga kita melihat billboard dan spanduk komplek perumahan yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan properti di berbagai daerah. Mungkin ada pertanyaan-pertanyaan yang muncul seperti apakah perusahaan properti itu dan kenapa nama mereka bisa ada di mana-mana?

Bisnis Properti Indonesia

Perusahaan atau bisnis properti, seringkali juga disebut pengembang real estate adalah usaha yang memiliki banyak aspek. Tanggung jawab perusahaan properti antara lain adalah renovasi dan penyewaan ulang bangunan, pembelian tanah kosong, dan penjualan tanah yang sudah dibangun. Perusahaan properti juga mengubah ide-ide di atas kertas menjadi properti yang asli. Akan tetapi, pengembangan real estate berbeda dari konstruksi, walaupun ada beberapa pengembang properti yang membangun propertinya sendiri.

Risiko yang diambil pengembang properti biasanya sangat besar, tetapi keuntungan yang diraup jika sukses juga tak kalah besar. Biasanya, pengembang properti membeli satu lahan, menentukan apa yang akan mereka bangun di lahan tersebut, mengembangkan dan mendesain bangunan tersebut. Setelah desain sudah jadi, izin-izin dengan pemerintahan setempat dan pendanaan diurus, lalu konstruksi dapat dimulai. Begitu bangunan sudah jadi, maka mereka akan mengelola dan menyewakan atau menjual bangunan tersebut untuk berfungsi sebagai apa yang direncanakan.

Dalam langkah-langkah pengembangan properti, perusahaan properti menggandeng berbagai macam profesi. Profesi-profesi ini antara lain adalah arsitek, insinyur sipil, surveyor, kontraktor, agen sewa, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya orang-orang yang direkrut untuk membantu dalam proses pengembangan properti, karier di bidang properti terbuka lebar bagi hampir semua disiplin ilmu. Konstruksi, teknik sipil, arsitektur, hukum, akuntansi, dan masih banyak lagi semua memiliki tempat dalam dunia pengembangan properti.

Diharapkan dengan adanya artikel ini, para pembaca tidak harus bingung lagi ketika ada iklan-iklan perusahaan properti di televisi maupun bioskop dan mempertanyakan siapa mereka dan kenapa mereka bisa menempatkan iklan di mana-mana, bahkan iklan bioskop yang pastinya tidak murah. (Dana)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s