Tipe Gangguan Perkembangan Pada Anak

Gangguan Perkembangan Pada AnakPerkembangan pada anak tidak hanya menyangkut masalah fisik saja melainkan juga pada psikologis anak. Saat anak sudah memasuki usia-usia tahun pertama perkembangannya, Anda harus mulai memperhatikan kondisi pertumbuhannya, sebab ada beberapa gangguan perkembangan yang bisa menimpa anak Anda. Gangguan perkembangan tersebut bersumber dari banyak tempat, bisa sesuatu yang sifatnya genetik dan juga bisa dari faktor di luar dirinya. Kebiasaan dan kondisi lingkungan tempat tinggal, merupakan hal-hal yang senantiasa mempengaruhi perkembangan anak. Berikut ini adalah informasi mengenai beberapa gangguan perkembangan yang bisa dialami oleh anak baik dari segi motorik maupun psikis.

  • Speech Delay. Speech delay adalah kondisi di mana anak mengalami gangguan kognitif dan hambatan dalam produksi bahasa dan kata-kata. Banyak hal yang dapat menimbulkan speech delay pada anak. Sekarang ini, banyak anak-anak yang menderita speech delay karena perkenalan dengan teknologi yang terlalu dini. Semakin banyak konsumsi gadget yang diterima oleh anak, semakin jauh pula anak dengan interaksi sosial di sekitarnya. Inilah yang kemudian membuat anak menjadi individualis dan enggan bersosialisasi dengan anak seusianya. Padahal, interaksi dapat membawa manfaat yang banyak sekali untuk anak seperti pertukaran kosakata baru, belajar bicara, dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan produksi kata. Konsumsi gadget yang tidak terkontrol justru semakin menjauhkan anak dari itu semua sehingga kemampuan berbahasa anak menjadi tidak berkembang. Untuk itu, alih-alih memberi gadget agar anak duduk tenang, lebih baik berikan buku bacaan yang penuh gambar karena lebih berguna dari segi manfaat.
  • Motoric Delay. Gangguan keterlambatan perkembangan motorik atau motoric delay adalah hal yang bisa juga menimpa anak Anda. Perkembangan motorik anak erat kaitannya dengan otak sehingga besar kemungkinannya keterlambatan motorik merupakan faktor genetik. Namun begitu, keterlambatan motorik dapat pula dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal anak. Perkembangan motorik anak terjadi dalam bebeapa tahap, mulai dari motorik kasar hingga motorik halus. Jika otak anak tidak berkembang dengan optimal maka hal tersebut akan berpengaruh juga dengan perkembangan motoriknya.
  • Gangguan kebiasaan. Anak-anak adalah makhluk peniru, terutama di awal-awal pertumbuhan mereka. Mungkin Anda pernah mendengar peribahasa “Buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya.” Sebab, anak Anda disadari atau tidak disadari akan menuruni sikap dan kebiasaan Anda di rumah, baik sikap positif maupun negatif. Nah, gangguan kebiasaan adalah gangguan yang menimpa anak untuk terus menerus melakukan sesuatu yang repetitif. Misalnya dengan menggigit kuku secara tidak sadar, senang mengisap jempol tangan, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini ditiru dari orang-orang di sekitarnya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mulai menjaga kebiasaan Anda di depan anak. (Tr)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s