Dua Lokasi Wisata Yang Patut Dikunjungi Saat Ke Makassar

Lokasi Wisata Favorit di MakassarMakassar merupakan wilayah multikultur yang terletak di Indonesia bagian Timur dan menjadi kota metropolitan terbesar yang mengikuti jejak kota-kota di Pulau Jawa. Secara demografis, kota ini sangat ramai dan dipadati penduduk sehingga perputaran ekonomi di wilayah ini pun cukup lancar. Makassar terkenal pula dengan kota wisata dan kulinernya yang memukau. Tidak jarang, banyak masyarakat yang berlibur ke Makassar hanya sekadar untuk bersantai dan memanjakan lidah. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi adalah Fort Rotterdam dan Pantai Losari. Kedua wisata ini menarik perhatian para wisatawan karena memiliki keunikan tersendiri. Untuk mencapai kedua lokasi ini tidaklah sulit karena letaknya yang mudah dijangkau dari hotel-hotel di Makassar yang tersebar di pusat kota.

Fort Rotterdam

Benteng peninggalan kerajaan Gowa-Tallo ini masih berdiri kokoh dan menjadi pusat wisata Makassar. Meski dinding-dindingnya sudah pudar termakan usia, benteng ini tetap menarik perhatian para wisatawan untuk mengunjunginya. Dulunya, Fort Rotterdam dikenal sebagai Benteng Ujung Pandang. Benteng ini memiliki sejarah tersendiri terhadap keberlangsungan masyarakat Makassar. Benteng ini dipakai sebagai markas pasukan katak dari Kerajaan Gowa. Nama Bentang Ujung Pandang pun perlahan-lahan mulai berubah ketika benteng ini diduduki oleh Belanda. Fort Rotterdam kemudian digunakan sebagai pusat penampungan rempah-rempah saat masa penjajahan dulu.

Pantai Losari

Pantai ini lokasinya sangat berdekatan dengan Fort Rotterdam sehingga Anda bisa mengunjunginya dalam waktu yang relatif berdekatan. Pantai Losari merupakan kawasan trademark yang wajib dikunjungi ketika mampir ke Makassar. Banyak masyarakat lokal maupun nonlokal yang bersantai di kawasan pantai pada pagi atau sore hari untuk melihat sajian matahari. Pantai Losari cukup terkenal karena pantai ini menjanjikan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang luar biasa indah. Terlebih lagi, barisan penjual makanan yang ada di pantai ini akan membawa Anda pada petualangan kuliner yang mengenyangkan. Jangan lupa untuk mencicipi Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Bassang, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Konro, dan juga Pisang Epe. Penganan yang terakhir, yakni Pisang Epe, sangat mudah ditemui di pinggiran Pantai Losari. Makanan berupa pisang yang dipipihkan kemudian dibakar dan disirami gula merah ini sangat digemari, karena rasanya yang manis dan legit. (TR)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s