Tips Mengatur Keuangan Saat Liburan

Mengatur Keuangan Saat LiburanMengatur waktu untuk berwisata tidaklah mudah, apalagi jika lokasi wisata cukup jauh sehingga membutuhkan waktu beberapa hari di sana. Untuk mengatasi hal ini, banyak yang memilih berwisata disaat long weekend agar tidak mengganggu kegiatan keseharian mereka. Hal ini tentunya berdampak pada penuhnya hotel di lokasi wisata saat long weekend, dibandingkan dengan hari biasanya. Misalnya saja seperti hotel di Makassar yang akan lebih ramai dikunjungi tamu saat long weekend, karena kota ini juga termasuk lokasi wisata yang cukup terkenal.

Kegiatan wisata ini bisa dilakukan bersama teman ataupun keluarga, keduanya sama-sama menyenangkan dan bermanfaat. Namun, kegiatan wisata ini juga bisa menjadi masalah baru jika kita melakukan kesalahan. Apalagi, jika kesalahan ini berkaitan dengan masalah keuangan. Tentunya, kita tidak mau kan bersenang-senang, namun justru merasa bingung setelah wisata akibat kehabisan uang? Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kegiatan wisata tidak menimbulkan masalah di kemudian hari :

  • Jika membutuhkan tiket transportasi untuk menuju lokasi wisata (pesawat atau kereta), sebaiknya memesan tiket jauh dari hari keberangkatan. Biasanya, jika waktu keberangkatan masih lama, masih tersedia tiket pesawat promo dan kita masih bisa membeli tiket kereta dengan harga yang paling murah.
  • Carilah informasi penginapan melalui internet, karena beberapa penginapan sering memberikan fasilitas diskon untuk pemesanan via online. Selain itu, kita juga bisa memilih beberapa hotel yang kira-kira paling sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.
  • Setelah mendapatkan kepastian pengeluaran untuk transportasi dan penginapan, saatnya kita membuat budget maksimal yang bisa kita gunakan selama berada di sana. Budget ini terdiri dari kebutuhan transportasi dan konsumsi selama berada di tempat wisata, dan termasuk juga uang yang kita keluarkan untuk membeli oleh-oleh.
  • Jangan mudah tertarik dengan voucher diskon restoran yang sering ada di internet. Apalagi, jika kita sama sekali tidak mengetahui kondisi lokasi wisata (baru pertama kali datang). Bagaimana jika lokasi restoran tersebut, jauh dari tempat wisata yang kita kunjungi dan jauh dari tempat kita menginap? Memaksakan diri mendatangi restoran itu akan membuat kita mengeluarkan biaya lebih untuk transportasi, namun jika voucher tersebut tidak digunakan akan membuat uang yang sudah kita bayarkan untuk voucher tersebut jadi terbuang percuma.

Semoga dengan berbagai tips di atas, kita semua dapat menikmati kegiatan ini tanpa khawatir dengan masalah keuangan setelah selesai berwisata. (Yv)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s