Membantu Si Kecil Berjalan

Membantu Si Kecil BerjalanBelajar jalan adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan seorang anak. Anak yang mulai dapat berjalan dan mengelilingi rumah sendiri tentu menjadi sumber kebahagiaan sendiri bagi orang tua. Normalnya, si kecil akan mulai dapat berjalan di sekitar usia 12 hingga 15 bulan, walaupun ada yang sudah dapat berjalan sejak memasuki bulan kesembilan atau baru dapat berjalan memasuki tengah kedua tahun pertamanya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kapan si kecil mulai berjalan, dan salah satu faktor tersebut adalah genetik. Walaupun faktor genetik berperan besar dalam cepatnya si kecil belajar jalan, orang tua juga dapat membantu si kecil agar mampu berjalan lebih cepat.

Berikut adalah beberapa cara untuk mempercepat proses belajar jalan si kecil agar ia dapat berjalan lebih awal.

  • Bantulah memperkuat otot punggungnya dengan cara menidurkan bayi dalam posisi telentang dan memotivasi si kecil untuk menggerakkan kepala dan lehernya dengan menangkap perhatiannya dengan mainan.
  • Latihlah koordinasi dan keseimbangan badan ketika si kecil sudah bisa duduk sendiri, dengan menggelindingkan bola bolak-balik menuju dan dari bayi, agar ia bergerak mengikuti gerakan bola.
  • Cobalah permainan-permainan sederhana seperti bermain kejar-kejaran dengan si kecil ketika ia sudah bisa merangkak untuk melatih kontrol tangan dan kakinya.
  • Menurut para dokter, ambisi seorang bayi untuk berjalan dan meraih benda-benda sangat berandil dalam kemampuan berjalannya. Tempatkanlah mainan-mainan kesukaannya dan motivasi si kecil untuk mau meraihnya.
  • Ketika si kecil sudah dapat berdiri, cobalah untuk membantunya berjalan dengan menempatkan kursi-kursi atau meja sebagai pegangan. Pastikanlah untuk menciptakan lingkungan aman saat anak belajar jalan. Anda juga bisa mencoba untuk menuntun bayi dengan menggandengnya.
  • Cobalah beli mainan dorong atau tarik untuk membantu si kecil berdiri tegak dan melatih kemampuan berjalannya.
  • Pada tahap awal si kecil bisa berjalan, si kecil lebih baik tidak memakai alas kaki jika tidak dibutuhkan. Kaki telanjang secara natural dapat menggenggam permukaan lebih baik dibandingkan dengan kaos kaki atau sepatu.

Penting untuk diingat kembali bahwa anak akan belajar jalan menurut kemauan dan kemampuannya sendiri, dan walaupun orang tua sangat dianjurkan untuk membantu memotivasi si kecil, orang tua tidak usah panik ketika si kecil belum mampu berjalan sendiri jika masih ada di dalam usia yang wajar. Kemungkinan si kecil belum siap dan akan dapat berjalan ketika ia sudah siap.

One thought on “Membantu Si Kecil Berjalan

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s