Memilih Printer ID Card Dengan Tepat

Printer ID CardID Card atau kartu identitas telah berubah bentuk mengikuti teknologi zaman. Dahulu kartu identitas dan lainnya hanya berupa nomor registrasi dan data-data tertentu, namun sekarang kartu identitas telah berubah. Kartu identitas modern tidak menggunakan kertas atau pun bahan serupa, melainkan menggunakan bahan yang lebih keras dan tahan lama, serta memiliki unsur elektronik untuk urusan identifikasi dan lainnya.

Modern ID Card telah digunakan banyak pihak, bahkan pemerintah Indonesia menggunakannya untuk Kartu Tanda Penduduk seluruh Indonesia. Beberapa organisasi dan perusahaan menggunakan jasa perusahaan tertentu untuk mencetak ID Card, sementara perusahaan-perusahaan lain memilih mencetak sendiri dengan printer khusus pencetak ID Card. Banyak perusahaan yang bergerak di bidang jual printer ID card, namun sebelum memilih printer ID card yang tepat, kita harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Seberapa banyak kah kartu yang dibutuhkan, dan seberapa sering kah Anda mencetak kartu?
    Jika anda mencetak kartu dalam jumlah banyak namun kemudian hanya mencetak ulang setelah jangka waktu yang lumayan lama, pilih printer ukuran medium yang lebih ekonomis. Sementara jika Anda membutuhkan banyak kartu dalam jangka waktu yang berdekatan, Anda patut mencoba printer yang berkapasitas lebih besar.
  • Apakah Anda hanya akan mencetak pada satu sisi atau kedua sisi?
    Tidak semua printer memiliki kemampuan yang sama. Beberapa printer hanya mencetak gambar/data pada satu sisi kartu saja.
  • Jenis kartu apa kah yang anda butuhkan?¬†Terdapat beberapa jenis ID card.
    • Barcodes. Tipe kartu ini tidak menggunakan unsur elektrik dan hanya menggunakan design tertentu sebagai metode identifikasi.
    • Magnetic Stripe. Magnetic stripe adalah garis hitam yang lazim digunakan pada kartu ATM atau kartu kredit.
    • Smart Card. Kartu jenis ini merupakan yang paling populer digunakan di kantor-kantor. Kartu ini memiliki penyimpanan data terbesar diantara jenis-jenis kartu lain.
    • UHF RFID. Keunggulan kartu ini berada pada pembacaan sensor. Data pada kartu ini dapat dibaca oleh sensor dari jauh, bahkan hingga 3 meter jauhnya.

Printer-printer tertentu hanya dapat mencetak satu atau dua jenis kartu. (RR)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s