Tips Jaga Keamanan di Kamar Mandi

Kamar MandiKebanyakan pemanas air seperti solar water heater Indonesia ataupun jenis lainnya sudah banyak digunakan dan diletakkan di dalam ruang kamar mandi. Namun kita semua tahu bahwa kamar mandi merupakan ruangan yang selalu basah dan juga suhu didalamnya berbeda. Lantainya pun licin dan jika tidak dibersihkan secara rutin maka akan berlumut. Jika seperti itu kondisinya tidak jarang banyak orang yang terpeleset di kamar mandi, jadinya bahaya kan!

Semua orang tentu tidak ingin dong, hal berbahaya tersebut terjadi pada diri Anda dan keluarga. Bahkan sudah pasti Anda ingin ruang kamar mandi jadi tempat yang tenang dan menyenangkan. Oleh karena itu, maka tidak bisa ditawar lagi, Anda harus menjaga kebersihan dan keamanan pada ruangan ini secara rutin. Nah, bagaimana cara menjaga keamanan kamar mandi sekaligus kebersihannya ? Ada beberapa tips dari Idea Online yang bisa Anda lakukan :

  • Pastikan semua peralatan listrik termasuk alat solar water heater atau jenisnya yang lain, bola lampu dan lain-lain tidak terjangkau oleh air dan letaknya berada di atas bak mandi. Untuk bola lampu, sebaiknya Anda membeli yang wattnya kecil saja. Jika masin bingung tata letaknya, bisa melakukan tanya-tanya dengan orang yang mengerti teknis mengenai kelistrikan.
  • Pilih lantai kamar mandi yang tidak licin. Ini dilakukan untuk mencegah seseorang mudah terpeleset di dalam kamar mandi. Untuk antisipasinya, usahakan lantai kamar mandi selalu kering, atau gunakan keset dengan bahan karet anti licin. Ini juga penting neh, pastikan ada pegangan tangan di dekat bak mandi namun pilihlah pegangan tangan yang tidak mudah licin
  • Tempatkan barang-barang yang akan memicu bahaya di dalam kabinet dan letakkan di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh anak. Khusus para pengguna water heater, keran air panas juga letakkan di tempat yang susah terjangkau oleh anak-anak. Selain itu pipa aliran air panas harus ditutup dengan pelindung pipa atau dimasukkan ke dalam kotak demi menghindari luka bakar.
  • Gunakan juga kunci pinta yang bisa dibukan dari diluar, karena pintu bisa langsung dibukan jika ada orang yang terkunci di dalam kamar mandi. Atau minimal Anda membuat kunci serap yang ebih dari satu dan letakkan dalam kabinet.
  • Jangan semua benda diletakkan di tempat yang tinggi, contohnya wastafel karena jika terlalu tinggi anak-anak akan bisa terbentur dan ini bahaya.

Simpel bukan ? Selamat mencoba, dan semoga bisa bermanfaat! -apuy-

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s