Yang Harus Dipersiapkan Saat Membangun Jembatan

Dalam proses pembangunan jembatan, tentunya ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari keberadaan alat berat beserta suku cadang alat beratnya, material yang hendak digunakan, lokasi pembangunan, hingga elemen apa saja yang harus dipersiapkan ketika sudah turun di lapangan. Bagi Anda yang mungkin hendak membangun jembatan, entah itu dalam skala kecil atau skala besar, berikut ini hal yang harus menjadi perhatian Anda :

Membangun Jembatan

Memenuhi setiap prosedur yang ada

Sebelum mulai membangun jembatan, ada beberapa langkah formalitas yang harus dipenuhi seperti melakukan pembebasan tanah, meminta izin kepada masyarakat setempat, dan melakukan berbagai perizinan lainnya. Hal ini penting untuk dilakukan di awal sebelum memulai proyek untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melakukan pembatasan antara pengerjaan proyek dan juga jalur utama

Penting hukumnya untuk melakukan pemisahan antara jalan umum dan juga jembatan yang sedang digarap oleh Anda. Hal ini biasanya dikenal dengan istilah pemagaran di mana biasanya area pengerjaan konstruksi akan ditutupi dengan pagar seng besi untuk mengamankan lokasi dan agar tidak merusak pemandangan.

Pemindahan sarana umum

Jika nantinya pengerjaan proyek konstruksi jembatan ini akan berpengaruh pada sarana umum lainnya, maka sebaiknya dilakukan pengalihan agar sarana umum tersebut tidak diletakan di sekitar proyek pengerjaan. Hal ini bisa juga menyangkut pada pengalihan jalur lalu lintas jika di sekitar pengerjaan proyek jembatan ada jalan umum yang tak bisa lagi dilalui. Tidak bisa disangkal, pembuatan jembatan bukanlah hal sepele sehingga disadari atau tidak akan berpengaruh pada jalan umum yang dilalui masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan pengalihan lalu lintas sebelum mulai proyek pembangunan agar masyarakat memiliki waktu untuk beradaptasi dan tidak kaget.

Pembangunan lokasi kantor dan tempat tinggal para pekerja

Pengerjaan proyek konstruksi jembatan bukanlah pekerjaan yang ringan, apalagi jika skala pembangunannya besar. Untuk itu, pimpinan proyek beserta anak buahnya memerlukan tempat tinggal untuk memantau sekaligus mengerjakan proyek. Detail lokasi kantor dan tempat ini harus diperhatikan dan diharapkan berada sedekat mungkin dengan lokasi proyek.

Selain berbagai hal tersebut, masih ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya saja, seperti jenis alat berat apa saja yang akan digunakan. Mungkin Anda memang tidak menggunakan Amphibious Bulldozer yang digunakan untuk perbaikan jembatan di Jepang pasca gempa, namun Anda pasti tetap akan membutuhkan berbagai jenis alat berat lainnya. Jika hal ini tidak dipikirkan secara matang, maka Anda akan beresiko mengalami kerugian seandainya ada alat berat yang tidak sesuai dengan keperluan Anda.

Semoga hal-hal di atas bisa membantu Anda, ya!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s