Lakukan Ini Secara Berkala di Laptopmu

Update Laptop BerkalaKamu sering menggunakan laptop serta internet rumah untuk bekerja dan bersantai? Nah, agar laptopmu tetap awet dan juga bisa digunakan dalam waktu yang lama, kamu harus sering-sering melakukan hal berikut ini, nih. Pasalnya, laptop merupakan barang berharga yang cukup mahal harganya, sehingga wajib digunakan dengan hati-hati. Berikut daftarnya:

  1. Hapus atau uninstall program yang sudah tidak digunakan. Nih, buat kamu yang sering coba-coba dengan berbagai program di laptop, jangan lupa untuk menguninstallnya jika sudah tidak digunakan, ya. Sebab meski tak pernah dipakai, program ini terus memakan memori internal laptop sehingga dapat memengaruhi kinerja laptop. Ketika sedang booting, laptop membutuhkan ruang penyimpanan lebih sehingga menguninstall program yang tidak dipakai bisa sangat membantu.
  2. Melakukan update antivirus. Buat kamu pengguna Windows, maka antivirus adalah sesuatu hal yang wajib ada. Sebab meski banyak penggunanya, Windows masih rentan dan rawan ditembus oleh virus. Oleh sebab itu, menggunakan antivirus di laptop merupakan satu hal yang sangat disarankan. Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan update antivirus agar laptop terhindar dari virus yang mematikan.
  3. Bersihkan recycle bin. Jangan sangka setelah menghapus file di laptop maka file tersebut sudah hilang selamanya. Ternyata, file tersebut tetap tersisa dan tertinggal di recycle bin. Untuk benar-benar menghapusnya, maka kamu harus mengosongkan isi recycle bin agar tidak memengaruhi kinerja laptop. Tidak hanya itu, kamu juga harus menghapus cache dan record sistem yang sudah tidak digunakan lagi. Bersihkan setidaknya seminggu sekali agar kinerja laptop tetap maksimal, ya.
  4. Lakukan Disk Defragment. Mungkin kamu tidak pernah melakukan hal ini, tetapi melakukan Disk Defragment sangatlah membantu untuk mempercepat loading time Disk Defragment ini sendiri fungsinya menyusun kembali file-file yang telah diinstal. Jadi, tadinya file-file yang berserakan akan disusun oleh Disk Defragment dengan rapi. Lakukan disk defragment setiap sebulan sekali agar laptop tetap nyaman dipakai.

Gimana menurutmu? Siap melakukannya demi keberlangsungan hidup laptopmu? Selamat mencoba, ya!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s