Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Susu Biasa?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Susu Biasa

Ada banyak pantangan yang dihadapi ibu hamil, mengenai hal yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Beberapa di antaranya juga sangat disarankan untuk dikonsumsi karena dianggap dapat membantu proses perkembangan dan menjaga kesehatan janin. Seperti mengonsumsi susu kehamilan. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan para ibu hamil yang memiliki aktivitas padat, produsen susu kehamilan menyediakan susu UHT untuk ibu hamil. Dengan begitu ibu hamil tetap bisa mengonsumsi meskipun sedang banyak kegiatan.

Namun ternyata tidak semua ibu hamil menyukai susu kehamilan. Beberapa wanita yang sudah terbiasa mengonsumsi susu brand tertentu terkadang tidak mudah untuk kemudian mengalihkannya ke susu kehamilan. Pertanyaannya, amankah ibu hamil mengonsumsi susu biasa?

Menurut situs alodokter, sebenarnya ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi susu kehamilan pada masa hamil. Sebab di dalam susu tersebut mengandung hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin, seperti asam folat, DHA, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsi susu ibu hamil tersebut, diharapkan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan dapat tetap terpenuhi. Jika dikarena suatu hal ibu hamil justru merasa mual setelah mengonsumsi susu kehamilan, maka disarankan untuk mencoba mengganti rasa atau brand lain terlebih dahulu. Hal tersebut juga berlaku jika ibu hamil tidak bisa mengonsumsi susu ibu hamil karena kurang suka dengan rasanya.

Namun jika setelah mencoba rasa atau brand lain ibu hamil masih tetap tidak bisa mengonsumsi susu kehamilan, maka tidak masalah jika mengonsumsi susu biasa. Sebab di dalam susu biasa tersebut juga sebenarnya terkandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja dosis dan jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa saja tidak selengkap susu kehamilan. Selain itu jika ibu mengonsumsi susu fullcream atau yang mengandung gula dalam kadar tinggi ada baiknya untuk membatasi konsumsinya untuk menghindari kenaikan berat janin yang berlebih.

Bagi ibu hamil yang sama sekali tidak menyukai susu, beberapa dokter kandungan bahkan menyarankan untuk rutin mengonsumsi es krim yang mengandung susu. Tentunya dalam jumlah yang wajar dan ibu hamil juga harus rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Selain itu ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak terdapat dalam susu. (Vita)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s