Meredakan Asam Lambung, Buah-buahan Ini Baik untuk Dikonsumsi

Pepaya

Saat melakukan aktivitas, terkadang kita tak sadar melakukan sesuatu yang menjadi salah satu penyebab asam lambung naik seperti telat makan atau mengonsumsi makanan pedas misalnya. Nah, kalau sudah begini, pasti aktivitas harian menjadi tidak nyaman, bukan? Selain mengonsumsi obat, kalian bisa mengonsumsi buah-buahan berikut ini.

  1. Semangka

Selain sehat untuk tubuh, kandungan air yang terdapat di buah semangka memiliki kandungan citrulline asam amino yang memicu tubuh untuk memproduksi amonia. Amonia merupakan zat yang bisa membantu menetralkan jumlah produksi asam lambung. Selain itu, semangka dapat menjadi buah yang sehat untuk diet kalian.

  1. Pir

Buah pir juga baik dikonsumsi untuk kalian yang memiliki asam lambung yang tinggi. Buah ini mengandung  kadar asam yang rendah sehingga mampu mengontrol dan menyerap asam lambung yang berlebihan.

Tak hanya itu, buah pir juga mengandung asam hidroksi sinamat yang mampu mencegah pembentukan sel kanker dan bakteri yang menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. Karena itu buah pir baik dikonsumsi sedikit demi sedikit secara rutin.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini mungkin sudah dikenal dengan buah yang baik untuk pencernaan. Pepaya mengandung zat papain yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Meskipun mengandung asam, namun asam yang terdapat dalam pepaya ini merupakan asam asetat dan asam askorbat yang bisa meredakan masalah lambung.

  1. Kelapa

Jika dikonsumsi secara rutin, kelapa beserta airnya dapat bermanfaat bagi pencernaan dan lambung. Kelapa dapat menyeimbangkan pH asam dalam tubuh dengan pH basa. Hal itu akan membantu lambuk untuk memproduksi lendir yang dapat mencegah produksi asam lambung yang berlebih.

  1. Melon

Mirip seperti kelapa, melon juga memiliki kadar pH 6,1 yang baik untuk menetralkan asam lambung. Selain itu, melon juga dapat mencegah kerusakan selaput lendir sehingga risiko asam lambung naik bisa dicegah.

Selain buah yang telah disebutkan di atas, ternyata apel juga bisa mengatasi masalah pencernaan, loh. Nah dengan mengonsumsi berbagai buah di atas secara bergantian, maka masalah asam lambung Anda bisa tertatasi dengan baik. Meskipun begitu, tetap perhatikan kadarnya dan jangan mengonsumsi secara berlebihan. (Rima)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s