Seashore Library : Perpustakaan di Tepi Pantai

Perpustakaan di Tepi PantaiMendengar kata pantai, yang terlintas di benak Anda pastilah berjemur dan juga berselancar. Matahari yang bersinar terang, lemonade dingin yang siap untuk diminum, ombak yang berdesir dengan indahnya, dan juga birunya air laut yang membentang sejauh mata memandang. Tidak sekalipun terlintas di benak Anda bahwa rak-rak dan meja kayu jati akan tersedia di sana.

Ya, mengatasi ketidakmungkinan tersebut, sebuah rumah arsitek asal Beijing, Vector Architects menciptakan sebuah bangunan yang dinamakan Seashore Library. Perpustakan tersebut dibangun di atas pasir putih dan terletak tepat di pinggir pantai Nandaihe. Bangunan tersebut terdiri atas ruang baca yang menempati kedua lantainya sementara ruang meditasi, ruang aktivitas, dan bar berada di pinggir-pinggirnya. Terdapat pula jendela-jendela besar di lantai dua yang menghadap langsung ke kawasan pantai. Sehingga, pengunjung bisa duduk-duduk di atas hamparan parket kayu sambil menikmati keindahan pantai di luar sana.

Seashore LibraryDari kejauhan, Seashore Library tampak mencolok di tengah hamparan pasir putih di pinggiran pantai. Dengan dinding beton yang berpadu dengan kayu, permukaan dindingnya seolah menimbulkan kesan bergelombang karena diterpa angin dan juga pasir pantai. Arsitektur bangunannya pun tampak kokoh dengan warna kelabu dan juga cokelat.

Meski bangunan luarnya terlihat kaku dan solid, bagian dalamnya justru akan membawa Anda pada kekayaan pengalaman yang nyata dan nyaman. Hawa dari pendingin ruangan yang mengelus kulit Anda, bau kayu yang harum, interior yang hangat, dan juga suara ombak yang berdebur di luar gedung akan membuat proses bersantai Anda semakin sempurna. Inilah konsep yang ingin diangkat oleh Vector Architects. Di mana seseorang bisa membaca sambil menikmati damainya suasana pantai.

Tidak hanya itu, Cara penyusunan buku di perpustakaan inipun tampak rapi. Sehingga pengunjung tidak dibuat kebingungan. Perpustakaan ini pun dilengkapi dengan plafon tinggi yang memungkin terjadinya sirkulasi udara yang lancar. Sisi pencahayaan pun sangat dipertimbangkan sehingga di beberapa titik bangunan, tersedia pencahayaan alami di mana sinar matahari bisa masuk ke dalam perpustakaan. Singkat kata, Seashore Library merupakan perpustakaan impian para pecinta buku untuk menikmati proses membaca dengan suasana yang berbeda.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s