Sejarah Terbentuknya Asuransi Syariah

Sejarah Asuransi SyariahSebelum mengetahui tentang asuransi syariah, ini bisa dimulai dengan mengetahui tentang sejarah terbentuknya asuransi syariah ini. Sejarah terbentuknya asuransi syariah ini dimulai pada tahun 1979 dimana perkenalan tentang asuransi syariah ini dipelopori oleh sebuah perusahaan asuransi jiwa yang berada di negara Sudan yang terletak di benua Afrika yang bernama “Sudanese Islamic Insurance”. Perusahaan asuransi jiwa tersebut memang perusahaan yang berada di wilayah mayoritas beragama Islam. Perusahaan asuransi tersebut yang pertama kali memperkenalkan produk asuransi syariah. Mulai dari menjawab pertanyaan tentang apa itu asuransi syariah ?  sampai dengan sistematika dalam mengelola dana asuransi syariah. Dengan adanya pengetahuan dasar tentang asuransi syariah tersebut, tidak lama dari tahun tersebut, muncul lagi perusahaan asuransi jiwa di benua Arab yang menawarkan produk asuransi jiwa, dan ini khusus untuk wilayah Arab dan sekitarnya. Setelah daratan Arab dan Afrika, pada tahun 1981 perusahaan asuransi jiwa yang berada di benua Eropa yaitu di Ibukota negara Swiss juga ikut memperkenalkan kepada dunia tentang asuransi syariah. Perusahaan asuransi jiwa tersebut memakai nama Islam “Dar Al – Maal Al-Islami”. Dan semua negara ikut serta untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan asuransi syariah ke seluruh dunia. Bahkan untuk umat agama lain diperkenankan untuk dapat menjadi nasabah produk asuransi syariah ini.

Untuk di wilayah Asia sendiri, pelopor untuk memperkenalkan produk asuransi syariah untuk pertama kali adalah perusahaan asuransi jiwa yang bernama “Takaful Malaysia” pada tahun 1985. Untuk memperluas jaringan dan lebih mempopulerkan asuransi syariah ini, PT Syarikat Takaful Indonesia (STI) berhasil didirikan di Indonesia pada tahun 1994. Pembangunan perusahaan asuransi syariah pertama ini di Indonesia dipelopori oleh ikatan cendikiawan muslim indonesia. Pembangunan perusahaan asuransi syariah ini selain dipelopori ikatan cendikiawan islam indonesia, juga didukung oleh beberapa kalangan antara lain yayasan abdi bangsa, bank muamalat sebagai pelopor perbankan syariah, Pt asuransi tugu mandiri. Selain itu lembaga pemerintahan juga ikut berpasrtisipasi untuk memperkenalkan asuransi syariah di Indonesia, yaitu Departemen keuangan, dan juga pengusaha-pengusaha muslim yang ada di Indonesia lainnya.

Untuk mengembangkan asuransi syariah ini, PT Syarikat Takaful Indonesia mendirikan 2 perusahaan sebagai anak perusahaan tersebut. Kedua anak perusahaan tersebut adalah PT Asuransi Takaful Keluarga (ATK) pada tahun 1994, selanjutnya di ikuti oleh pendirian anak perusahaan yang kedua PT Asuransi Takaful Umum (ATU) di tahun 1995. Kedua anak perusahaan tersebut sama dalam segi tujuannya memperluas asuransi syariah di indonesia. Dengan dibangunya perusahaan asuransi yang khusus menawarkan produk asuransi syariah, maka banyak perusahaan asuransi besar yang sudah lebih dulu memasuki dan menawarkan berbagai produk asuransi juga mulai melirik dan memasukkan produk asuransi syariah sebagai list penawaran setiap agen-agen asuransi nya, Kenapa demikian? Karena Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama islam. Seperti yang dilakukan oleh 2 perusahaan asuransi, yaitu Allianz Indonesia dan Prudential yang sudah lebih dulu memasuki area bisnis di Indonesia. Untuk perusahaan asuransi tersebut memasukkan produk asuransi syariah ke dalam daftar penawaran produk asuransi yang akan diberikan kepada para calon nasabah asuransi. Jadi, dengan produk asuransi syariah ini akan lebih menarik perhatian warga muslim yang ada di Indonesia untuk dapat merencanakan dan memberikan perlindungan kehidupan untuk masa sekarang sekaligus masa yang akan datang.

Demikian sekilas informasi tentang sejarah asuransi syariah, semoga ini dapat memberikan solusi sekaligus menambah wawasan untuk Anda tentang asuransi syariah. apuy

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s